PANITIA
BEDAH KISI-KISI DAN TRY OUT
UJI
KOMPETENSI GURU
WILAYAH
UTARA (BATULAYAR-GUNUNGSARI-LINGSAR NARMADA)
WILAYAH
TENGAH (LABUAPI-KEDIRI-KURIPAN)
WILAYAH
SELATAN (SEKOTONG-LEMBAR-GERUNG)
KABUPATEN
LOMBOK BARAT
Bidang Kompetensi :
PEDAGOGIK
Jenjang Pendidikan : SEMUA
JENJANG
Waktu :
60 MENIT
Hari dan Tanggal :
Petunjuk:
1. Bacalah
soal tes dengan cermat dan kerjakan soal mulai dari yang Saudara anggap paling
mudah;
2.
Kerjakan
soal dalam lembar jawaban (computer) yang telah disediakan dan perhatikan
petunjuk pengisiannya;
3. Periksa
kembali kelengkapan dan kebenaran jawaban Saudara sebelum dikumpulkan;
4. Apabila
telah selesai, diskusikan kembali soal beserta jawaban dengan teman-teman
Saudara;
5. Sebaiknya tidak
mencoret-coret naskah soal tes maupun lembar jawabannya;
6.
Sebaiknya tidak melakukan
diskusi atau kerjasama dengan peserta tes yang lain selama pelaksanaan tes
berlangsung;
Butir Soal:
WAWASAN KURIKULUM
1.
Seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan pendidikan tertentu yang meliputi tujuan pendidikan nasonal
serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi, dan potensi daerah, satuan
pendidikan dan peserta didik adalah pengertian dari ….
A.
Silabus
B.
Rencana
pelaksanaan pembelajaran
C.
Metodologi
pembelajaran
D.
Kegiatan
pembelajaran
E.
Kurikulum
2.
Visi
makro pendidikan nasional adalah …
A.
Terwujudnya
masyarakat adil dan sejahtera melalui sistem pendidikan nasional yang selalu
berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
B.
Terwujudnya
masyarakat yang adil dan beradab dengan tatanan kehidupan yang sesuai dengan
amanat proklamasi NKRI melalui proses pendidikan
C.
Terwujudnya
Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila
melalui proses pendidikan sesuai dengan amanat proklamasi NKRI
D.
Terwujudnya
Indonesia baru melalui sistem pendidikan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat
sehingga terbentuk masyarakat yang adil dan makmur
E.
Terwujudnya
masyarakat madani sebagai bangsa dan masyarakat Indonesia baru dengan tatanan
kehidupan yang sesuai dengan amanat proklamasi NKRI melalui proses pendidikan
3.
Misi
makro pendidikan nasional jangka panjang adalah …
A.
Menuju
masyarakat yang adil yang beradab
B.
Terwujudnya
masyarakat yang makmur
C.
Terwujudnya
Indonesia yang damai dan sejahtera
D.
menuju
masyarakat madani
E.
Mewujudkan
manusia yang berbudi luhur
4.
Misi
mikro pendidikan nasional jangka pendek adalah …
A.
Mewujudkan
tamatan yang memiliki ilmu dan kompetensi
B.
Mewujudkan
Indonesia yang memiliki paradigma baru
C.
Menghasilkan
tamatan yang berbudi pekerja luhur
D.
Menghasilkan
manusia yang cerdas, berakhlak tinggi dan berbudi luhur
E.
Menghasilkan
manusia Indonesia yang mampu mengatasi krisis
5.
Terwujudnya
individu manusia baru yang memiliki sikap dan wawasan keimanan dan akhlak
tinggi, kemerdekaan dan demokrasi, toleransi dan menjunjung hak asasi manusia,
saling pengertian dan berwawasan global, hal ini merupakan ….
A.
Tujuan umum
pendidikan nasional
B.
Tujuan
pembelajaran di sekolah
C.
Visi
mikro pendidikan nasional
D.
Visi
makro sekolah
E.
Tujuan
pendidikan yang dikehendaki masyarakat
6.
Pendidikan
pada dasarnya dapat diartikan sebagai ….
A.
proses
pergaulan antara dua anak atau lebih sehingga terjadi pertukaran informasi
antara satu anak dengan yang lainnya
B.
proses
pergaulan antara orang dewasa dan orang belum dewasa
C.
proses
pendewasaan melalui pergaulan atau kontak langsung antara orang dewasa dan anak
yang belum dewasa
D.
proses
pendewasaan anak yang berlangsung tanpa diarahkan orang dewasa sehingga
berjalan sesuai dengan suasana alami
E.
upaya
agar dapat mengetahui sesuatu
7.
Pernyataan
di bawah ini yang berkaitan dengan makna proses pendidikan adalah ….
A.
berlangsung
di mana saja tanpa usaha sadar dari orang dewasa sehingga anak dapat berkembang
sesuai dengan kodratnya
B.
merupakan usaha
sadar dari orang dewasa untuk mengarahkan anak sesuai dengan yang diharapkan
C.
harus
selalu berlangsung di lingkungan sekolah dengan kehadiran guru sehingga dapat
dikendalikan setiap saat
D.
berlangsung
di rumah walaupun tanpa kehadiran orangtua
E.
belajar
secara terus menerus untuk memahami sesuatu
8.
Hakekat
dari pembelajaran dan pendidikan adalah ….
A.
memiliki
kesamaan makna yang sangat positif karena pembelajaran berlangsung di dalam
kelas saja sedangkan pendidikan bisa berlangsung di rumah, di sekolah, di
masyarakat walaupun tanpa kehadiran guru
B.
berbeda
dalam hal keluasan makna dan ruang lingkupnya karena pembelajaran berlangsung
di dalam kelas saja dengan pendidikan bisa berlangsung di rumah, di sekolah, di
masyarakat walaupun tanpa kehadiran guru
C.
berbeda
dalam hal bahwa pembelajaran merupakan bagian dari proses pendidikan sehingga
pembelajaran hanya arti sempit dari proses pendidikan
D.
berbeda dalam hal
bahwa pembelajaran terbatas pada upaya penguasaan suatu pengetahuan atau
keterampilan, sedangkan pendidikan lebih luas maknanya termasuk pembentukan
sikap dan watak
E.
sama
dalam hal proses maupun tujuan yaitu supaya manusia mengetahui sesuatu dari
sebelumnya tidak mengetahui
9.
Dalam
pendidikan, guru berperan aktif untuk menciptakan pengalaman belajar yang
bermakna bagi murid. Pengalaman ini diupayakan melalui penciptaan ….
A.
suasana-suasana
pedagogis
B.
pergaulan
yang memungkinkan tumbuhnya simpati dan pengertian
C.
suasana
sakral dan khusuk yang mencegah siswa dari kemungkinan bercanda
D.
kewibawaan
penuh agar siswa selalui mengikuti apa yang dikatakan guru
E.
lingkungan yang
menyenangkan
10. Menurut
lingkungannya, pendidikan berlangsung dalam minimal tiga lingkungan, kecuali
….
A.
lingkungan
keluarga
B.
lingkungan
sekolah
C.
lingkungan
masyarakat
D.
lingkungan
sosial-formal
E.
lingkungan
keluarga, sekolah, masyarakat
11. Dalam dokumen
UNECSO tahun 1999, dinyatakan ada 4 pilar pendidikan yang harus diupayakan
dalam proses pembelajaran, kecuali ….
A.
Learning
to know
B.
Learning
to do
C.
Learning
to be
D.
Learning
to live together
E.
Learning to get
the job
12. Yang dimaksud
dengan Kapabilitas (capability)
menurut Robert M. Gagne adalah ….
A.
Penampilan-penampilanyang
dapat diamati sebagai hasil belajar
B.
Kemampuan
dalam memecahkan masalah dengan pikiran yang sehat
C.
Gabungan dari
pengetahuan dan keterampilan dalam bekerja
D.
Kemampuan
yang terususn secara terstruktur
E.
Sikap
kerja yang diwujudkan dalam kompetensi belajar
13. Di bawah ini
adalah satuan pendidikan yang termasuk dalam jenjang pendidikan dasar kecuali
….
A.
TK dan RA
B.
SD
dan SMP
C.
SD
dan MI
D.
MI
dan MTs
E.
SMP
dan MTs
14. Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan yang saat ini hendak diberlakukan di sekolah-sekolah
merupakan upaya pemerintah dalam ….
A.
manambah
beban tugas dan fungsi guru
B.
meningkatkan
mutu hasil belajar siswa
C.
merubah
orientasi belajar dan pengajaran yang semua berbasis substansi
D.
meningkatkan
atmosfir belajar agar siswa dapat belajar lebih tenang
E.
merubah
kebijakan yang sesuai dengan otonomi daerah
15. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan pada dasarnya memberikan keleluasaan pada guru untuk
menentukan orientasi pengajarannya disesuaikan dengan kemampuan siswa dan
kondisi lokal sekolah dan daerahnya. Oleh karena itu, KTSP menuntut guru untuk
mampu ….
A.
merancang
silabus pembelajaran sendiri sebagai pengganti GBPP
B.
menentukan
pengalaman belajar yang harus ditempuh siswa disesuaikan dengan pendekatan dan
strategi pembelajaran yang dikuasai guru
C.
menentukan
perangkat evaluasi sesuai dengan pengalaman belajar dan kekhasan dari
kompetensi yang dikembangkan
D.
berperan
sebagai instruktor, fasilitator dan manajer
E.
benar semua
16.
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders)
untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di
dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia
usaha dan dunia kerja.Pernyataan di atas merupakan salah satu prinsip
pengembangan kurikulum yaitu prinsip ....
A. beragam dan terpadu
B.
tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,tekhnologi dan seni
C. sesuai dengan
kebutuhan kehidupan
D.
menyeluruh dan
berkesinambungan
E.
Belajar sepanjang hayat
17. Perhatikan tujuan pembelajaran di bawah ini !
Siswa dapat menjelaskan perbedaan Pemerintahan Desa dan
Kelurahan. Pengalaman belajar yang paling sesuai untuk tujuan pembelajaran di
atas yaitu....
A. mencari informasi
melalui nara sumber
B.
mencatat nama lembaga pemerintahan tingkat desa/kelurahan
C.
membuat organigram
susunan pemerintahan desa/kelurahan
D.
mempresentasikan struktur pemerintahan desa/kelurahan
E.
mengenal lembaga-lembaga desa/kelurahan
18. Beberapa aspek
yang digunakan seorang guru dalam mengenal dan menguasai karakteristik peserta
didik adalah:
A.
Aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan
intelektual.
B. Aspek moral, emosional, dan intelektual.
C. Aspek fisik,
kultural,dan emosional.
D. Aspek mental,
lingkungan , pendidikan dan orang tua
19. Salah satu
prinsip belajar yang perlu diperhatikan oleh seorang guru adalah Perhatian
bentuk pelaksanaan dikelas adalah….
A.
Guru
perlu menciptakan situasi yang menimbulkan aktivitas siswa.
B.
Guru
memilih dan mempersiapkan kegiatan-kegiatan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
C.
Sebelum
pembelajaran dimulai guru hendaknya menarik perhatian siswa agar siswa
berkonsentrasi dan tertarik pada materi pelajaran yang sedang diajarkan.
D.
Guru memilih dan
mengorganisir materi sedemikikan rupa sehingga merangsang dan menantang siswa
untuk mempelajarinya.
20. Berikut ini aplikasi
dari teori belajar Humanistik adalah….
A.
Dalam
pembelajaran, tergantung dari beberapa hal seperti tujuan pembelajaran, sifat
meteri pelajaran, karakteristik siswa, media dan fasilitas pembelajaran yang
tersedia.
B.
Dalam
pembelajaran, guru harus memahami bahwa siswa bukan sebagai orang dewasa yang
mudah dalam proses berpikirnya, memperhatikan perbedaan individual siswa untuk
mencapai keberhasilan siswa.
C.
Dalam
pembelajaran guru lebih mengarahkan siswa untuk berpikir induktif, mementingkan
pengalaman, serta membutuhkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses
belajar.
D.
Dalam
pembelajaran guru harus bisa menarik perhatian, memberitahukan tujuan
pembelajaran kepada siswa, merangsang ingatan pada prasyarat belajar,
menyajikan bahan perangsang, memberikan bimbingan belajar, mendorong unjuk
kerja, memberikan balikan informatif, menilai unjuk kerja, meningkatkan retensi
dan alih belajar.
21. Berikut ini yang
bukan prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum KTSP adalah…..
A.
Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
B.
Beragam dan terpadu
C.
Tanggap terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
D.
Sebagian dan stagnan
22. Berikut ini yang merupakan Prinsip-prinsip Umumpengembangan
Kurikulum adalah….
A.
Prinsip
Relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, praktis, dan efektivitas.
B.
Prinsip
berkenaan dengan tujuan pendidikan.
C.
Prinsip
berkenaan dengan pemilihan isi pendidikan
D.
Prinsip
berkenaan dengan pemilihan proses belajar mengajar.
23. Berikut ini yang
merupakan bagian dari 4 pilar belajar yang dapat dijadikan acuan dalam
mengembangkan pembelajaran yang mendidik, yaitu:
A. Learning
to know, learning to be independent, learning to compete with other
B.
Learning to
know, learning to do, learning to be learning to live
C. Learning
to live, Learning to work alone, learning to be, learning to do better.
D. Learning
to live, learning to get a job, learning to compete with other, learning to
work hard.
E.
24. Berikut ini Yang
bukan ketrampilan berkomunikasi guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu ….
A.
Kemampuan
guru mengembangkan sikap positif dalam kegiatan pembelajaran
B.
Kemampuan guru
mengembangkan sikap mendominasi dan jaga
jarak dalam pembelajaran
C.
Kemampuan
guru untuk bersikap luwes dan terbuka
dalam kegiatan pembelajaran
D.
Kemampuan
guru untuk mampu mengelola interaksi
dalam kegiatan pembelajaran
E.
25. Acuan utama bagi
satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum adalah ….
A.
Standar Isi dan
Standar Kompetensi Lulusan
B.
Standar
Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
C.
Standar
Proses dan Standar Isi
D.
Standar
Isi dan Standar Sarana Dan Prasarana
E.
Standar
Proses dan Standar Kompetensi Lulusan
26. Standar Isi
ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 22 Tahun 2006 mencakup lingkup materi dan
tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis
pendidikan tertentu di setiap mata pelajaran pada tiap semester yang meliputi
….
A.
Kriteria
Ketuntasan Minimal, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Tujuan
B.
Kerangka Dasar ,
Struktur Kurikulum, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar,
C.
Tujuan,
Struktur Kurikulum, Standar Kompetensi, dan Indikator
D.
Struktur
Kurikulum, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator
E.
Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan, dan Indikator
27. Standar
Kompetensi Lulusan ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 23 Tahun 2006 mencakup
tentang ….
A.
Sikap,
pengetahuan dan karakter
B.
Sikap,
keterampilan dan karakter
C.
Sikap,
pengetahuan dan keterampilan
D.
Pengetahuan,
keterampilan dan karakter
E.
Pengetahuan,
pemahaman dan keterampilan
28. Kurikulum
Tingkap Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri dari, ….
A.
Silabus,
rencana pelaksanaan pembelajaran, dan kalender pendidikan tingkat satuan
pendidikan
B.
Tujuan,
kalender, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan tingkat
satuan pendidikan
C.
Struktur
dan muatan, kalender, silabus, dan pembagian tugas tanaga pendidik dan
kependidikan di tingkat satuan pendidikan
D.
Tujuan, struktur
dan muatan, kalender, dan silabus pendidikan tingkat satuan pendidikan
E.
Silabus,
rencana pelaksanaan pembelajaran, dan jadwal pelajaran tingkat satuan
pendidikan
29. Silabus adalah
rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu
yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, dan ….
A.
Materi
pokok pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu,
media dan sumber belajaran
B.
Materi pokok
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajaran
C.
Materi
pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, media dan sumber belajaran
D.
Materi
pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, alokasi waktu, dan guru mata pelajaran
E.
Materi
pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, jenjang kelas dan sumber belajaran
30. Pendidikan yang
komprehensif adalah program yang mencakup empat dimensi sebagai berikut….
A.
Dimensi
pengetahuan (Knowledge); (2) Dimensi kemanusian (Humanity); (3) Dimensi
nilai dan sikap (Values and Attitudes); dan (4) Dimensi tindakan (Action)
B.
Dimensi
pengetahuan (Knowledge); (2) Dimensi
keterampilan (Skills); (3) Dimensi nilai dan sikap (Values and
Attitudes); dan (4) Dimensi penilaian
(Assessment)
C.
Dimensi
pengetahuan (Knowledge); (2) Dimensi keterampilan (Skills); (3) Dimensi
nilai dan sikap (Values and Attitudes); dan (4) Dimensi tindakan (Action)
D.
Dimensi
masyarakat umum (Public People); (2) Dimensi keterampilan (Skills);
(3) Dimensi nilai dan sikap (Values and Attitudes); dan (4) Dimensi
tindakan (Action)
PERENCANAAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
1.
Belajar
bermakna adalah proses mengaitkan dalam informasi baru dengan konsep-konsep
yang relevan dan terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Teori belajar
bermakna (meaningful learning) dikenal dengan teori belajar menurut ….
A.
Ausubel
B.
Brunner
C.
Piaget
D.
Skinner
E.
Thorndike
2.
Manakah yang berkaitan
dengan makna proses pendidikan ?
A.
Berlangsung dimana saja
tanpa usaha sadar dari orang dewasa sehingga anak dapat berkembang
B. Merupakan
usaha sadar dari orang dewasa untuk mengarahkan anak sesuai dengan yang diharapkan
C.
Harus selalu berlangsung
di lingkungan sekolah dengan kehadiran guru sehingga dapat dikendalikan setiap
saat
D.
Berlangsung di rumah
walaupun tanpa kehadiran orang tua
E.
Berlangsung hanya di
luar rumah dengan pengawasan orang tua
3.
Penyusunan silabus, RPP
dan rubrik penilaian merupakan tugas guru dalam ….
A.
Pengorganisasian
pembelajaran
B. Perencanaan
Pembelajaran
C.
Pelaksanaan Pembelajaran
D.
Pengontrolan
Pembelajaran
E.
Pemeriksa Pembelajaran
4.
Langkah-langkah
pembelajaran dalam RPP mengambarkan tiga kegiatan yaitu …..
A.
Pendahuluan, kegiatan
inti dan evaluasi
B.
Apersepsi, kegiatan inti
dan refleksi
C. Pendahuluan,
Kegiatan Inti dan Penutup
D.
Apersepsi, kegiatan inti
dan Evaluasi
E.
Pendahuluan, kegiatan
inti, evaluasi
5.
Prinsip-prinsip Penyusunan RPP....
A.
Memperhatikan perbedaan
individu peserta didik, Mendorong partisipasi aktif peserta didik, Mengembangkan
budaya membaca dan menulis, Memberikan umpan balik dan tindak lanjut, Keterkaitan
dan keterpaduan, Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi,
6.
Perumusan tujuan pembelajaran
harus sesuai dengan …..
A.
Tingkat kecerdasan siswa
yang menjadi subyek belajar
B. Proses
dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik
C.
Media pembelajaran yang
harus disediakan
D.
Jenis bahan ajar yang
harus disiapkan oleh pendidik
E.
Tingkat keberagaman
pengetahuan awal siswa terhadap materi sebelumnya
7.
Penjelasan
tujuan pembelajaran dan hubungannya dengan kejadian sehari-hari sering
dilakukan pada saat ….
A.
melakukan
penilaian
B.
melakukan
tanya jawab
C.
membuka
pelajaran
D.
mengulang
materi yang belum dikuasai siswa
E.
memotivasi
siswa
8.
Penyesuaian
alokasi waktu kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara memperhatikan ….
A.
kedalaman dan
keluasan materi
B.
jumlah
murid
C.
tujuan
pembelajaran
D.
metode
yang digunakan
E.
media
pembelajarannya
9.
Penggunaan
waktu yang efektif adalah sesuai ….
A.
skenario
pembelajaran dan proporsi uraian materi
B.
skenario
pelajaran yang dipersiapkan
C.
variasi
kegiatan pembelajaran
D.
kondisi
kelas tempat saudara mengajar
E.
kemampuan
peserta didik
10.
Penentuan
strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan ….
A.
materi
pembelajaran
B.
karakteristik
siswa
C.
jumlah
siswa
D.
keinginan
peserta didik
E.
kompetensi yang
akan dicapai
11.
Pendekatan
pengajaran yang berpusat pada siswa dipandang efektif dalam mengantarkan siswa
untuk meningkatkan hal-hal berikut kecuali ….
A.
Keingintahuan
B.
daya juang
C.
kemandirian
D.
berperilaku
disiplin
E.
keterampilan
12.
Pendekatan
pengajaran merupakan orientasi tujuan yang ditetapkan oleh guru, dengan
berpedoman pada apa yang diyakininya (nilai rujukan) dikaitkan dengan ….
A.
arti
dan fungsi pendidikan
B.
arti
dan fungsi kurikulum
C.
arti
dan fungsi guru
D.
arti dan fungsi
pengalaman pembelajaran yang dialami siswa
E.
arti
dan fungsi siswa
13.
Pembelajaran
yang berorientasi kepada guru atau proses pembelajaran didominasi guru
sedangkan siswa pasif, strategi pembelajaran ini disebut ….
A. Inquiri
B. Induktif
C. Ekspositori
D. Cooperative
learning
E.
Brainstorming
14.
Seperti
dapat dilihat dari keunikan siswa, maka dapat dipastikan pula bahwa gaya
belajar anak berbeda-beda. Untuk menyesuaikan gaya belajar siswa yang
berbeda-beda tersebut, maka sangatlah penting agar guru dapat memanfaatkan
secara variatif ….
A.
metode
pengajaran
B.
strategi
pengajaran
C.
pendekatan
pengajaran
D.
gaya
pengajaran
15.
Tujuan
pemilihan metode yang sesuai adalah ….
A.
agar
kompetensi dapat tercapai
B.
agar
waktu yang digunakan dapat efektif
C.
memudahkan
menentukan alat peraga
D.
memudahkan
guru dalam mengajar
E.
memudahkan
materi diserap oleh siswa
16.
Metode pembelajaran yang
mengutamakan persepsi awal siswa dalam kaitannya dengan konteks belajar siswa
biasanya disebut …
A.
Metode langsung
B.
Metode kontekstual
C.
Metode Kognitif
D.
Metode ceramah
E.
Metode Behaviouristik
17.
Di bawah ini, yang bukan merupakan dasar dalam
menentukan metode yang digunakan yaitu ....
A. kompetensi yang akan dicapai
B. isi pembelajaran
C. waktu dan siswa
D.
jumlah ruang kelas
E. fasilitas yang tersedia
18.
Jika
guru menerapkan metode pembelajaran Induktif .…
A.
Murid dapat
mengambil kesimpulan sendiri
B.
Murid
dapat mengikuti contoh-contoh yang diberikan guru
C.
Murid
dapat belajar dari teman-temanya dikelas
D.
Guru
dapat memberikan tugas-tugas yg sulit kepada siswanya
E.
19.
Dalam
kegiatan pembelajaran, metode yang digunakan harus sesuai dengan ….
A.
materi
pelajaran, kompetensi dan tujuan
B.
kompetensi,
karakteristik
C.
tujuan
pembelajaran, kompetensi
D.
karakteristik
siswa, kompetensi dan materi
E.
semua jawaban
benar
20.
Jika
metode pembelajaran berikut ini dilakukan untuk materi yang sama, manakah yang
menyita waktu paling banyak?
A.
Ceramah
B.
Demonstrasi
C.
Ekspositori
D.
Diskusi
E.
Drill
21.
Jika
materi yang akan dipelajari siswa bukan sekedar informasi tetapi untuk dipahami
sehingga penalaran siswa berkembang maka metode pembelajaran yang paling tepat
adalah ….
A.
Ceramah
B.
Demonstrasi
C.
Drill
D.
Diskusi
E.
Permainan
22.
Pendekatan
umum yang biasanya digunakan untuk mempelajari dan mengembangkan materi mata
pelajaran yang dilakukan di laboratorium disebut dengan …
A. metode belajar
B. metode esperimen
C. metode ilmiah
D. metode demonstrasi
E.
metode
kasus
23.
Model pembelajaran yang dirancang
untuk mengembangkan induktif dan analisis konsep adalah ….
A.
Model analisis konsep
B.
Model berpikir induktif
C.
Model latihan inkuiri
D.
Model pertumbuhan
afektif
E.
Model penemuan konsep
24.
Model bermain peran
termasuk rumpun model pembelajaran ….
A.
Rumpun model-model
pemrosesan informasi
B.
Rumpun model-model
personal
C.
Rumpun model-model behavior (tingkah laku)
D.
Rumpun model-model
interaksi social
E.
Rumpun model-model
attitude (sikap)
25.
Model
pembelajaran konstruktivisme dilaksanakan dengan 5 (lima) tahapan pendekatan
yang dikenal dengan 5E, KECUALI…..
A. Explore
B. Excepte
C. Explan
D. Elaborate
E.
Evaluate
26.
Untuk menciptakan
suasana yang menjadikan siswa siap mental dan sekaligus meinimbulkan perhatian
siswa terpusat dengan hal-hal yang akan dipelajari, maka seorang guru harus ….
A.
Terampil memberikan
tugas
B.
Terampil mengadakan
penulisan
C.
Terampil memancing
perhatian
D. Terampil
membuka pelajaran
E.
Terampil menutup
pelajaran
27.
Penyampaian
materi pembelajaran yang diawali dengan pengamatan, pada hakekatnya merupakan
teknik yang berdasarkan ….
A.
Inquiri
B. Evaluasi
C. Discovery
D. Analisis
E.
Aplikasi
28.
Materi
yang diajarkan harus dianalisis dengan memperhatikan mata pelajaran lain agar ….
A.
tidak saling
tumpang tindih
B.
tidak
terjadi pengulangan
C.
siswa
memahami kaitannya dengan pelajaran lain
D.
siswa
mudah untuk menerima materi
E.
jangan
sampai membosankan siswa dalam menerima pelajaran
29.
Materi
yang dipilih dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan ….
A.
tingkat
kecerdasan siswa
B.
tingkat
kesulitan soal yang akan digunakan
C.
kompetensi yang
menjadi acuan pembelajaran
D.
bahan
ajar yang telah disediakan
E.
rencana
mengajar guru
30.
Urutan
pemberian materi pembelajaran harus disesuaikan dengan ….
A.
tingkat
pemahaman siswa
B.
tujuan
pembelajaran
C.
waktu
yang tersedia
D.
pemahaman
guru
E.
metode
pembelajaran
31.
Media
pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, Syarat penting
bagi media pembelajaran yang baik adalah ….
A. Menarik dan
mudah digunakan oleh guru maupun murid
B. Menarik,
menantang, baru dan sesuai dengan perkembangan siswa
C. Menarik, mudah
digunakan dan sesuai dengan perkembangan siswa
D.
Menarik,
menantang, mudah digunakan dan sesuai dengan perkembangan siswa
E.
Menarik,
mudah digunakan oleh guru dan baru
32.
Media pembelajaran
digunakan untuk …..
A.
Mendukung pencapaian
kompetensi
B.
Memacu siswa untuk
belajar
C.
Memudahkan guru untuk
menyampaikan materi
D. Memudahkan
siswa menerima materi yang diajarkan
E.
Memacu guru melakukan
penilaian
33.
Penentuan
media pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan ….
A.
materi
pembelajaran
B.
karakteristik
siswa
C.
lingkungan
sekolah
D.
tujuan
pembelajaran
E.
kompetensi
siswa
34.
Yang bukan
merupakan fungsi media pembelajaran adalah ….
A.
untuk
membantu proses pemahaman
B.
untuk
memperjelas materi pembelajaran
C.
untuk
membantu daya ingat siswa
D.
untuk
meningkatkan minat siswa
E.
untuk menaikkan
nilai siswa
35.
Pelaksanaan
tutorial dalam proses pembelajaran bertujuan ….
A.
supaya
guru lebih mudah mengawasi dan siswa merasa diawasi
B.
supaya
siswa lebih berdisiplin dalam belajar
C.
supaya guru
dapat membantu kesulitan belajar tiap siswa
D.
supaya
siswa merasa lebih dekat dengan guru
E.
supaya
siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran
36.
Tujuan
pengelolaan kelas dalam pembelajaran adalah ….
A.
menyesuaikan
dengan materi yang akan diajarkan
B.
menunjang
keaktifan dan keoptimalan belajar peserta didik
C.
menyesuaikan
dengan jumlah siswa tiap-tiap kelas
D.
menyesuaikan
dengan kondisi ruangan yang ada
E.
menunjang
efektifitas penggunaan metode dan media
37.
Tujuan
pengelompokan dalam pengelolaan organisasi kelas adalah ….
A.
memudahkan guru
untuk memberikan materi
B.
memudahkan
dalam hal memberikan penilaian
C.
memudahkan
guru memberikan soal
D.
memudahkan
menentukan tempat duduk siswa
E.
memudahkan
guru untuk memberikan pengayaan
38.
Berikut
ini beberapa tahap/fase dalam pelaksanaan pembelajaran :
1.
Menyampaikan tujuan
2.
Menyajikan
informasi
3.
Mendemonstrasikan
pengetahuan/keterampilan
4.
Mengorganisasikan
peserta dalam kelompok belajar
5.
Membimbing
siswa
6.
Evaluasi
7.
Memberi
umpan balik
8.
Memberi
penghargaan
Urutan yang benar
tahapan/fase untuk pembelajaran kooperatif learning adalah …..
A.
1, 2, 3,
5, 6, 8
B.
1, 2, 3,
4, 6, 7
C. 1, 2, 4, 5, 6, 8
D.
1, 2, 4,
6, 7, 8
E.
1, 2, 3,
5, 6, 8
39.
Apersepsi
yang baik adalah….
A.
disesuaikan
dengan materi pelajaran
B.
disesuaikan
dengan minat siswa
C.
mempertimbangkan
kondisi beljar siswa
D.
memberikan
pertanyaan
E.
langsung
menyampaikan materi
40.
Kegiatan
pendahuluan dalam pembelajaran merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan
pembelajaran yang ditujukan untuk ....
A.
membangkitkan
motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif
dalam proses pembelajaran
B.
membangkitkan
motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif
dalam proses pembelajaran
C.
membangkitkan
motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif
dalam proses pembelajaran
D.
membangkitkan
motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif
dalam proses pembelajaran
E.
membangkitkan
motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif
dalam proses pembelajaran
41.
Kegiatan
inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran
dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi
peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup
bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan
secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan
konfirmasi
42.
Penutup
merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang
dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi,
umpan balik, dan tindak lanjut
43.
Penentuan
sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta
materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kom petensi
44.
Manfaat
umpan balik dalam pembelajaran adalah untuk ….
A.
memotivasi siswa
B.
evaluasi
belajar
C.
merangsang
siswa untuk bertanya
D.
melatih
diskusi
E.
merencanakan
materi yang akan diajar
45.
Interaksi
yang baik pada kegiatan pembelajaran adalah ….
A.
Komunikatif
B.
dua
arah antara guru dan murid
C.
mudah
dipahami
D.
dua
arah antara murid dan murid
E.
berkesinambungan
dan menyeluruh
46.
Memotivasi
anak untuk bertanya dapat dilakukan dnegan beberapa carakecuali ….
A.
menciptakan
kemampuan bertanya dengan permainan (games)
B.
menugaskan/mewajibkan
anak untuk bertanya
C.
tanya-jawab
dengan temannya
D.
memberikan
kesempatan berdiskusi dengan temannya
E.
diberikan
materi yang sulit
47.
Apabila
seorang siswa menanyakan tentang sesuatu hal, yang dilakukan oleh guru pertama
kali adalah ….
A.
langsung
memberikan jawaban secara jelas dan lengkap
B.
menanyakan
kembali maksud pertanyaannya
C.
menanyakan
kepada siswa mengapa menanyakan seperti itu
D.
memberikan
jawaban sepotong-sepotong
E.
menanyakan
jawabannya kepada siswa lain
48.
Kegiatan
menghukum (Panishment) yang bersifat
positif adalah ….
A.
melarang
masuk kelas
B.
meminta
berdiri di depan kelas
C.
meminta
lari mengelilingi lapangan bola
D.
menjemur
anak diterik matahari
E.
mencari bahan
pelajaran di perpustakaan
49.
Seringkali
guru tidak sadar bahwa waktu pembelajaran telah habis, bila terjadi demikian
yang harus dilakukan guru adalah ….
A.
segera
menutup pelajaran dan memberi salam
B.
minta
maaf kepada siswa bahwa ternyata waktunya habis
C.
menyimpulkan
pelajaran dan menutupnya
D.
tetap
melanjutkan sampai guru lain dating
E.
meminta
tambahan waktu kepada guru lain yang akan mengganti
PENILAIAN
1.
Penilaian
mata pelajaran IPS adalah ………
A. Proses
untuk mendapatkan informasi tentang prestasi atau kinerja peserta didik dalam
mata pelajaran IPS
B.
Proses
untuk mendapatkan kejelasan pemahaman siswa di kelas IPS
C.
Proses
untuk mendapatkan informasi mengenai kesungguhan siswa dalam belajar IPS
D.
Proses
untuk mendapatkan kejelasan dan kesungguhan siswa dalam belajar IPS
2.
Dalam
Sistem penilaian berkelanjutan, tindak lanjut hasil pengujian digunakan untuk…
A.
Remedial,
pemetaan dan percepatan
B.
Remedial,
pengulangan dan percepatan
C.
Penambahan
materi, pengayaan dan percepatan
D. Remedial,
pengayaan dan percepatan
3.
Berikut
ini yang bukan merupakan bentuk penilaian dengan teknik “Non tes” adalah…
A.
Pengamatan
(motivasi, minat, strategi belajar, kesulitan yang dihadapi, serta kegiatan
dalam praktek lapangan)
B. Hasil
ujian soal semester genap dan semester ganjil
C.
Dokumentasi
(melihat karya siswa baik individu maupun kelompok)
4.
Portofolio
(kumpulan hasil karya, tugas, pekerjaan siswa) yang disusun berdasarkan urutan
kategori kegiatan.Pada akhir pemberian materi sebaiknya guru harus ….
A.
Mengadakan
evaluasi
B.
Memberikan
penugasan
C.
Memberikan
tes
D.
Mengadakan
tanya jawab
E.
Menyimpulkan
materi pembelajaran
5.
Penilaian
dalam kegiatan belajar terhadap peserta didik adalah ….
A.
penentu
kemampuan anak
B.
penentu
kelulusan anak
C.
informasi
tentang kebutuhan peserta didik
D.
wahana
menilaian keberadaan sarana kelas
E.
keberhasilan
pembelajaran
6.
Teknik
penilaian ditentukan berdasarkan ….
A.
jenis
soal
B.
banyaknya
soal
C.
jawaban
yang dibuat siswa
D.
kunci
jawaban
E.
tingkat
kemampuan siswa
7.
Sistem
penilaian yang tepat digunakan proses pembelajaran berbasis kompetensi adalah
….
A.
penilaian
acuan patokan
B.
penilaian
acuan norma
C.
penilaian
acuan kelas
D.
penilaian acuan kurikulum
E.
penilaian
acuan bahan ajar
8.
Pemeriksaan
hasil jawaban siswa mengacu pada ….
A.
kunci
jawaban dan aspek yang dinilai
B.
kriteria yang dibuat
C.
analisa
guru
D.
rapat
guru
E.
penggolongan
soal
9.
Tingkat
kesukaran dalam penyusunan soal digunakan untuk ….
A.
Mengetahui
prosentasi jumlah siswa yang menjawab benar
B.
mengetahui
perbedaan tingkat kesukarannya
C.
menghasilkan
jawaban berbeda-beda
D.
menghasilkan
bentuk soal yang bervariasi
E.
menghasilkan
soal yang valid
10.
Tingkat kesukaran butir
soal (p) = 0,00 akan terjadi jika ….
A.
Semua siswa dapat
menjawab benar
B. Semua
siswa tidak dapat menjawab dengan benar
C.
Hanya sebagian siswa
yang dapat menjawab dengan benar
D.
Butir soal hanya
mengukur aspek ingatan
E.
Butir soal hanya
mengukur aspek afektif
11.
Daya
pembeda dalam penyusunan soal bertujuan untuk ….
A.
menggolongkan
kemampuan siswa
B.
melihat
perbedaan soal
C.
memberikan
soal berbeda pada tiap kelompok
D.
memudahkan
guru memilih soal
E.
membuat
soal pilihan ganda
12.
Butir soal hanya
memiliki daya beda (D) = 0 menjukkan bahwa butir soal tersebut ….
A. Tidak
dapat membedakan peserta yang pandai dan yang kurang pandai
B.
Tidak dapat membedakan
peserta yang nyontek dan tidak nyontek
C.
Hanya dapat dijawab
benar oleh siswa yang termasuk dalam kelompok atas
D.
Hanya dapat dijawab
benar oleh siswa yang termasuk kelompok bawah
E.
Dapat membedakan siswa
yang nyontek dan tidak nyontek
13.
Analisis
soal dilakukan berdasarkan ….
A.
hasil jawaban
B.
jawaban
yang salah
C.
jawaban
yang benar
D.
hasil
penilaian
E.
jenis
kesulitan
14.
Kesimpulan
dari hasil penilaian harus dibuat dengan ….
A.
jelas
dan logis
B.
urutan
materi yang diajarkan
C.
sistematis
D.
sesuai
dengan kompetensi yang diajarkan
E.
tujuan
yang akan dicapai
15.
Program
tindak lanjut yang dapat dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa secara umum
adalah ….
A.
mengklasifikasikan
tingkat kemampuan anak secara klasikal
B.
melihat
kemampuan anak sesuai dengan indikator penilaian
C.
melakukan
remedial bagi anak yang kurang
D.
menentukan
kenaikan kelas
E.
mengadakan
pelajaran tambahan
16.
Dalam melaksanakan program tindak lanjut hasil
penilaian, acuan yang digunakan adalah ….
A.
penguasaan
kompetensi yang seharusnya dimiliki siswa
B.
indikator/kriteria
unjuk kerja yang belum dikuasai
C.
soal
yang belum terjawab
D.
keseluruhan
soal tes
E.
bahan
ajar yang digunakan dalam pembelajaran
17.
Tindak
lanjut hasil penilaian yang secara nyata harus dilakukan dalam pembelajaran
berbasis kompetensi adalah ….
A.
melanjutkan
proses pembelajaran sesuai materi yang direncanakan
B.
melakukan
perbaikan bahan ajar yang sebelumnya diberikan kepada siswa
C.
melakukan
pembelajaran remedial terhadap materi yang belum dikuasai
D.
menanyakan
kepada siswa tentang kesulitan belajar yang dihadapi
E.
menyempurnakan
materi kurikulum yang telah diajarkan sebelumnya
18.
Langkah-langkah
mempersiapkan bahan ulangan/ujian yang sahih dan handal adalah ….
A.
Menyusun
kisi-kisinyanya, menulis soalnya, merakit soal menjadi tes, penyusun pendoman
penskorannya, menentukan pokok bahasan yang diujikan.
B.
Menentukan pokok
bahasan yang diujikan, Menyusun kisi-kisinyanya, menulis soalnya, merakit soal
menjadi tes, penyusun pendoman penskorannya.
C.
Menyusun
kisi-kisinyanya, menulis soalnya, merakit soal menjadi tes, Menentukan pokok
bahasan yang diujikan, penyusun pendoman penskorannya.
D.
Menyusun
pendoman penskorannya. Menyusun kisi-kisinyanya, menulis soalnya, merakit soal
menjadi tes, Menentukan pokok bahasan yang diujikan.
E.
19.
Kebutuhan
fasilitas pembelajaran dan media dapat diketahui apabila kita melakukan
kegiatan berikut ini ….
A.
Analisis
kurikulum
B.
analisis
tujuan
C.
analisis
soal
D.
penulisan
bahan ajar
E.
penulisan
soal
20.
Penilaian
dilakukan secara konsisten, sistematik, dan terprogram dengan menggunakan tes
dan nontes dalam bentuk tertulis atau lisan, pengamatan kinerja, pengukuran
sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, portofolio,
dan penilaian diri
21.
Evaluasi
proses pembelajaran dilakukan untuk menentukan kualitas pembelajaran secara
keseluruhan, mencakup tahap perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses
pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran
22. Evaluasi proses pembelajaran diselenggarakan
dengan cara membandingkan
proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan standar proses,
mengidentifikasi kinerja guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan
kompetensi guru
23.
Perbedaan
mendasar antara action research
dengan penelitian lain adalah ….
A.
materi
yang diteliti
B.
instrumen
yang digunakan
C.
pelaku
utama yang melakukan penelitian
D.
daerah/tempat
penelitian
E.
memberi
perlakuan