Rabu, 22 Februari 2012

STANDAR KOMPETENSI GURU


  1. UU No. 14/2005 (UUGD)
    • K ompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan”.
    • Kompetensi guru dapat dimaknai sebagai kebulatan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang berwujud tindakan cerdas dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran.
  2. GURU SEBAGAI TENAGA PROFESIONAL
    • berarti
Pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan pendidikan tertentu
  1. Syarat menjadi GURU
    • Guru wajib memiliki:
o   Kualifikasi akademik
o   Kompetensi
o   Sertifikat pendidik
o   Sehat jasmani & rohani
o   Kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional
  1. Kompetensi Guru sebagai Agen Pembelajaran
    • Kompetensi Pedagogik
    • Kompetensi Kepribadian
    • Kompetensi Sosial
    • Kompetensi Profesional
  2. Kompetensi Pedagogik
    • Pemahaman wawasana atau landasan kependidikan
    • Pemahaman terhadap peserta didik
    • Pengembangan kurikulum/silabus
    • Perancangan pembelajaran
    • Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis
    • Pemanfaatan teknologi pembelajaran
    • Evaluasi hasil belajar
    • Pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya
  3. Kompetensi Kepribadian
    • Mantap
    • Berakhlak mulia
    • Arif dan bijaksana
    • Berwibawa
    • Stabil
    • Dewasa
    • Jujur
    • Menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat
    • Secara objektif mengevaluasi kinerja sendiri
    • Mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan
  4. Kompetensi Sosial
    • Berkomunikasi lisan, tulisan, isyarat
    • Menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional
    • Bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orang tua/wali peserta didik
    • Bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar dengan mengindahkan norma serta sistem nilai yang berlaku
    • Menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan sejati dan semangat kebersamaan
  5. Kompetensi Profesional
    • Kemampuan guru dalam pengetahuan isi (content knowledge) à penguasaan:
      • Materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu
Konsep-konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan, yang secara konseptual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, atau kelompok mata pelajaran yang diampu 

Selasa, 21 Februari 2012

Contoh Soal Uji Kompetensi Paedagogik


PANITIA BEDAH KISI-KISI DAN TRY OUT
UJI KOMPETENSI GURU
WILAYAH UTARA (BATULAYAR-GUNUNGSARI-LINGSAR NARMADA)
WILAYAH TENGAH (LABUAPI-KEDIRI-KURIPAN)
WILAYAH SELATAN (SEKOTONG-LEMBAR-GERUNG)
KABUPATEN LOMBOK BARAT

Bidang Kompetensi   : PEDAGOGIK
Jenjang Pendidikan  : SEMUA JENJANG
Waktu                        : 60 MENIT
Hari dan Tanggal      :
Petunjuk:
1.   Bacalah soal tes dengan cermat dan kerjakan soal mulai dari yang Saudara anggap paling mudah;
2.   Kerjakan soal dalam lembar jawaban (computer) yang telah disediakan dan perhatikan petunjuk pengisiannya;
3.   Periksa kembali kelengkapan dan kebenaran jawaban Saudara sebelum dikumpulkan;
4.   Apabila telah selesai, diskusikan kembali soal beserta jawaban dengan teman-teman Saudara;
5.   Sebaiknya tidak mencoret-coret naskah soal tes maupun lembar jawabannya;
6.   Sebaiknya tidak melakukan diskusi atau kerjasama dengan peserta tes yang lain selama pelaksanaan tes berlangsung;
“Selamat Mengerjakan”
Butir Soal:
WAWASAN KURIKULUM
1.      Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu yang meliputi tujuan pendidikan nasonal serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi, dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik adalah pengertian dari ….
A.    Silabus
B.     Rencana pelaksanaan pembelajaran
C.     Metodologi pembelajaran
D.    Kegiatan pembelajaran
E.     Kurikulum

2.      Visi makro pendidikan nasional adalah …
A.    Terwujudnya masyarakat adil dan sejahtera melalui sistem pendidikan nasional yang selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat
B.     Terwujudnya masyarakat yang adil dan beradab dengan tatanan kehidupan yang sesuai dengan amanat proklamasi NKRI melalui proses pendidikan
C.     Terwujudnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila melalui proses pendidikan sesuai dengan amanat proklamasi NKRI
D.    Terwujudnya Indonesia baru melalui sistem pendidikan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat sehingga terbentuk masyarakat yang adil dan makmur
E.     Terwujudnya masyarakat madani sebagai bangsa dan masyarakat Indonesia baru dengan tatanan kehidupan yang sesuai dengan amanat proklamasi NKRI melalui proses pendidikan

3.      Misi makro pendidikan nasional jangka panjang adalah …
A.    Menuju masyarakat yang adil yang beradab
B.     Terwujudnya masyarakat yang makmur
C.     Terwujudnya Indonesia yang damai dan sejahtera
D.    menuju masyarakat madani
E.     Mewujudkan manusia yang berbudi luhur

4.      Misi mikro pendidikan nasional jangka pendek adalah …
A.    Mewujudkan tamatan yang memiliki ilmu dan kompetensi
B.     Mewujudkan Indonesia yang memiliki paradigma baru
C.     Menghasilkan tamatan yang berbudi pekerja luhur
D.    Menghasilkan manusia yang cerdas, berakhlak tinggi dan berbudi luhur
E.     Menghasilkan manusia Indonesia yang mampu mengatasi krisis

5.      Terwujudnya individu manusia baru yang memiliki sikap dan wawasan keimanan dan akhlak tinggi, kemerdekaan dan demokrasi, toleransi dan menjunjung hak asasi manusia, saling pengertian dan berwawasan global, hal ini merupakan ….
A.     Tujuan umum pendidikan nasional
B.     Tujuan pembelajaran di sekolah
C.     Visi mikro pendidikan nasional
D.    Visi makro sekolah
E.     Tujuan pendidikan yang dikehendaki masyarakat

6.      Pendidikan pada dasarnya dapat diartikan sebagai ….
A.    proses pergaulan antara dua anak atau lebih sehingga terjadi pertukaran informasi antara satu anak dengan yang lainnya
B.     proses pergaulan antara orang dewasa dan orang belum dewasa
C.     proses pendewasaan melalui pergaulan atau kontak langsung antara orang dewasa dan anak yang belum dewasa
D.    proses pendewasaan anak yang berlangsung tanpa diarahkan orang dewasa sehingga berjalan sesuai dengan suasana alami
E.     upaya agar dapat mengetahui sesuatu

7.      Pernyataan di bawah ini yang berkaitan dengan makna proses pendidikan adalah ….
A.    berlangsung di mana saja tanpa usaha sadar dari orang dewasa sehingga anak dapat berkembang sesuai dengan kodratnya
B.     merupakan usaha sadar dari orang dewasa untuk mengarahkan anak sesuai dengan yang diharapkan
C.     harus selalu berlangsung di lingkungan sekolah dengan kehadiran guru sehingga dapat dikendalikan setiap saat
D.    berlangsung di rumah walaupun tanpa kehadiran orangtua
E.     belajar secara terus menerus untuk memahami sesuatu








8.      Hakekat dari pembelajaran dan pendidikan adalah ….
A.    memiliki kesamaan makna yang sangat positif karena pembelajaran berlangsung di dalam kelas saja sedangkan pendidikan bisa berlangsung di rumah, di sekolah, di masyarakat walaupun tanpa kehadiran guru
B.     berbeda dalam hal keluasan makna dan ruang lingkupnya karena pembelajaran berlangsung di dalam kelas saja dengan pendidikan bisa berlangsung di rumah, di sekolah, di masyarakat walaupun tanpa kehadiran guru
C.     berbeda dalam hal bahwa pembelajaran merupakan bagian dari proses pendidikan sehingga pembelajaran hanya arti sempit dari proses pendidikan
D.    berbeda dalam hal bahwa pembelajaran terbatas pada upaya penguasaan suatu pengetahuan atau keterampilan, sedangkan pendidikan lebih luas maknanya termasuk pembentukan sikap dan watak
E.     sama dalam hal proses maupun tujuan yaitu supaya manusia mengetahui sesuatu dari sebelumnya tidak mengetahui

9.      Dalam pendidikan, guru berperan aktif untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi murid. Pengalaman ini diupayakan melalui penciptaan ….
A.    suasana-suasana pedagogis
B.     pergaulan yang memungkinkan tumbuhnya simpati dan pengertian
C.     suasana sakral dan khusuk yang mencegah siswa dari kemungkinan bercanda
D.    kewibawaan penuh agar siswa selalui mengikuti apa yang dikatakan guru
E.     lingkungan yang menyenangkan

10.  Menurut lingkungannya, pendidikan berlangsung dalam minimal tiga lingkungan, kecuali ….
A.    lingkungan keluarga
B.     lingkungan sekolah
C.     lingkungan masyarakat
D.    lingkungan sosial-formal
E.     lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat

11.  Dalam dokumen UNECSO tahun 1999, dinyatakan ada 4 pilar pendidikan yang harus diupayakan dalam proses pembelajaran, kecuali ….
A.    Learning to know
B.     Learning to do
C.     Learning to be
D.    Learning to live together
E.     Learning to get the job

12.  Yang dimaksud dengan Kapabilitas (capability) menurut Robert M. Gagne adalah ….
A.    Penampilan-penampilanyang dapat diamati sebagai hasil belajar
B.     Kemampuan dalam memecahkan masalah dengan pikiran yang sehat
C.     Gabungan dari pengetahuan dan keterampilan dalam bekerja
D.    Kemampuan yang terususn secara terstruktur
E.     Sikap kerja yang diwujudkan dalam kompetensi belajar






13.  Di bawah ini adalah satuan pendidikan yang termasuk dalam jenjang pendidikan dasar kecuali ….
A.     TK dan RA
B.     SD dan SMP
C.     SD dan MI
D.    MI dan MTs
E.     SMP dan MTs

14.  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang saat ini hendak diberlakukan di sekolah-sekolah merupakan upaya pemerintah dalam ….
A.    manambah beban tugas dan fungsi guru
B.     meningkatkan mutu hasil belajar siswa
C.     merubah orientasi belajar dan pengajaran yang semua berbasis substansi
D.    meningkatkan atmosfir belajar agar siswa dapat belajar lebih tenang
E.     merubah kebijakan yang sesuai dengan otonomi daerah

15.  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada dasarnya memberikan keleluasaan pada guru untuk menentukan orientasi pengajarannya disesuaikan dengan kemampuan siswa dan kondisi lokal sekolah dan daerahnya. Oleh karena itu, KTSP menuntut guru untuk mampu ….
A.    merancang silabus pembelajaran sendiri sebagai pengganti GBPP
B.     menentukan pengalaman belajar yang harus ditempuh siswa disesuaikan dengan pendekatan dan strategi pembelajaran yang dikuasai guru
C.     menentukan perangkat evaluasi sesuai dengan pengalaman belajar dan kekhasan dari kompetensi yang dikembangkan
D.    berperan sebagai instruktor, fasilitator dan manajer
E.     benar semua

16.  Pengembangan kurikulum dilakukan dengan   melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan  kemasyarakatan, dunia usaha dan  dunia kerja.Pernyataan di atas merupakan salah satu prinsip pengembangan kurikulum yaitu prinsip ....
A.     beragam dan terpadu
B.     tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,tekhnologi dan seni
C.     sesuai  dengan  kebutuhan kehidupan
D.    menyeluruh dan berkesinambungan
E.     Belajar sepanjang hayat

17.  Perhatikan tujuan pembelajaran di bawah ini !
Siswa dapat menjelaskan perbedaan Pemerintahan Desa dan Kelurahan. Pengalaman belajar yang paling sesuai untuk tujuan pembelajaran di atas yaitu....
A.    mencari informasi melalui nara sumber
B.     mencatat nama lembaga pemerintahan tingkat desa/kelurahan
C.     membuat organigram susunan pemerintahan desa/kelurahan
D.    mempresentasikan struktur pemerintahan desa/kelurahan
E.     mengenal lembaga-lembaga desa/kelurahan



18.  Beberapa aspek yang digunakan seorang guru dalam mengenal dan menguasai karakteristik peserta didik adalah:
A.     Aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
B.     Aspek moral, emosional, dan intelektual.
C.     Aspek fisik,  kultural,dan emosional.
D.    Aspek mental, lingkungan , pendidikan dan orang tua

19.  Salah satu prinsip belajar yang perlu diperhatikan oleh seorang guru adalah  Perhatian bentuk pelaksanaan dikelas adalah….
A.    Guru perlu menciptakan situasi yang menimbulkan aktivitas siswa.
B.     Guru memilih dan mempersiapkan kegiatan-kegiatan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
C.     Sebelum pembelajaran dimulai guru hendaknya menarik perhatian siswa agar siswa berkonsentrasi dan tertarik pada materi pelajaran yang sedang diajarkan.
D.    Guru memilih dan mengorganisir materi sedemikikan rupa sehingga merangsang dan menantang siswa untuk mempelajarinya.

20.  Berikut ini aplikasi dari teori belajar Humanistik adalah….
A.    Dalam pembelajaran, tergantung dari beberapa hal seperti tujuan pembelajaran, sifat meteri pelajaran, karakteristik siswa, media dan fasilitas pembelajaran yang tersedia.
B.     Dalam pembelajaran, guru harus memahami bahwa siswa bukan sebagai orang dewasa yang mudah dalam proses berpikirnya, memperhatikan perbedaan individual siswa untuk mencapai keberhasilan siswa.
C.     Dalam pembelajaran guru lebih mengarahkan siswa untuk berpikir induktif, mementingkan pengalaman, serta membutuhkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar.
D.    Dalam pembelajaran guru harus bisa menarik perhatian, memberitahukan tujuan pembelajaran kepada siswa, merangsang ingatan pada prasyarat belajar, menyajikan bahan perangsang, memberikan bimbingan belajar, mendorong unjuk kerja, memberikan balikan informatif, menilai unjuk kerja, meningkatkan retensi dan alih belajar.

21.  Berikut ini yang bukan prinsip-prinsip pengembangan Kurikulum KTSP adalah…..
A.    Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
B.     Beragam dan terpadu
C.     Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
D.    Sebagian dan stagnan

22.  Berikut ini yang merupakan Prinsip-prinsip Umumpengembangan Kurikulum adalah….
A.     Prinsip Relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, praktis, dan efektivitas.
B.     Prinsip berkenaan dengan tujuan pendidikan.
C.     Prinsip berkenaan dengan pemilihan isi pendidikan
D.    Prinsip berkenaan dengan pemilihan proses belajar mengajar.






23.  Berikut ini yang merupakan bagian dari 4 pilar belajar yang dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan pembelajaran yang mendidik, yaitu:
A.    Learning to know, learning to be independent, learning to compete with other
B.     Learning to know, learning to do, learning to be learning to live
C.     Learning to live, Learning to work alone, learning to be, learning to do better.
D.    Learning to live, learning to get a job, learning to compete with other, learning to work hard.
E.      

24.  Berikut ini Yang bukan ketrampilan berkomunikasi guru dalam kegiatan  pembelajaran yaitu ….
A.    Kemampuan guru mengembangkan sikap positif dalam kegiatan pembelajaran
B.     Kemampuan guru mengembangkan sikap mendominasi  dan jaga jarak dalam  pembelajaran
C.     Kemampuan guru untuk bersikap luwes  dan terbuka dalam  kegiatan pembelajaran
D.    Kemampuan guru untuk  mampu mengelola interaksi dalam kegiatan pembelajaran
E.      

25.  Acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum adalah ….
A.     Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan
B.     Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
C.     Standar Proses dan Standar Isi
D.    Standar Isi dan Standar Sarana Dan Prasarana
E.     Standar Proses dan Standar Kompetensi Lulusan

26.  Standar Isi ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 22 Tahun 2006 mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu di setiap mata pelajaran pada tiap semester yang meliputi ….
A.    Kriteria Ketuntasan Minimal, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Tujuan
B.     Kerangka Dasar , Struktur Kurikulum, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar,
C.     Tujuan, Struktur Kurikulum, Standar Kompetensi, dan Indikator
D.    Struktur Kurikulum, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator
E.     Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan, dan Indikator

27.  Standar Kompetensi Lulusan ditetapkan dengan Kepmendiknas No. 23 Tahun 2006 mencakup tentang ….
A.    Sikap, pengetahuan dan karakter
B.     Sikap, keterampilan dan karakter
C.     Sikap, pengetahuan dan keterampilan
D.    Pengetahuan, keterampilan dan karakter
E.     Pengetahuan, pemahaman dan keterampilan










28.  Kurikulum Tingkap Satuan Pendidikan (KTSP) terdiri dari, ….
A.    Silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan kalender pendidikan tingkat satuan pendidikan
B.     Tujuan, kalender, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan tingkat satuan pendidikan
C.     Struktur dan muatan, kalender, silabus, dan pembagian tugas tanaga pendidik dan kependidikan di tingkat satuan pendidikan
D.    Tujuan, struktur dan muatan, kalender, dan silabus pendidikan tingkat satuan pendidikan
E.     Silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan jadwal pelajaran tingkat satuan pendidikan

29.  Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, dan ….
A.    Materi pokok pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, media dan sumber belajaran
B.     Materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajaran
C.     Materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, media dan sumber belajaran
D.    Materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan guru mata pelajaran
E.     Materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, jenjang kelas dan sumber belajaran

30.  Pendidikan yang komprehensif adalah program yang mencakup empat dimensi sebagai berikut….
A.    Dimensi pengetahuan (Knowledge); (2) Dimensi kemanusian (Humanity); (3) Dimensi nilai dan sikap (Values and Attitudes); dan (4) Dimensi tindakan (Action)
B.     Dimensi pengetahuan (Knowledge); (2) Dimensi keterampilan (Skills); (3) Dimensi nilai dan sikap (Values and Attitudes); dan (4) Dimensi penilaian  (Assessment)
C.     Dimensi pengetahuan (Knowledge); (2) Dimensi keterampilan (Skills); (3) Dimensi nilai dan sikap (Values and Attitudes); dan (4) Dimensi tindakan (Action)
D.    Dimensi masyarakat umum (Public People); (2) Dimensi keterampilan (Skills); (3) Dimensi nilai dan sikap (Values and Attitudes); dan (4) Dimensi tindakan (Action)

PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1.             Belajar bermakna adalah proses mengaitkan dalam informasi baru dengan konsep-konsep yang relevan dan terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Teori belajar bermakna (meaningful learning) dikenal dengan teori belajar menurut  ….
A.    Ausubel
B.     Brunner
C.     Piaget
D.    Skinner
E.     Thorndike






2.             Manakah yang berkaitan dengan makna proses pendidikan ?
A.  Berlangsung dimana saja tanpa usaha sadar dari orang dewasa sehingga anak dapat berkembang
B.   Merupakan usaha sadar dari orang dewasa untuk mengarahkan anak sesuai dengan yang diharapkan
C.  Harus selalu berlangsung di lingkungan sekolah dengan kehadiran guru sehingga dapat dikendalikan setiap saat
D.  Berlangsung di rumah walaupun tanpa kehadiran orang tua
E.   Berlangsung hanya di luar rumah dengan  pengawasan orang tua

3.             Penyusunan silabus, RPP dan rubrik penilaian merupakan tugas guru dalam ….
A.  Pengorganisasian pembelajaran
B.   Perencanaan Pembelajaran
C.  Pelaksanaan Pembelajaran
D.  Pengontrolan Pembelajaran
E.   Pemeriksa Pembelajaran

4.             Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP mengambarkan tiga kegiatan yaitu …..
A.  Pendahuluan, kegiatan inti dan evaluasi
B.  Apersepsi, kegiatan inti dan refleksi
C.  Pendahuluan, Kegiatan Inti dan Penutup
D.  Apersepsi, kegiatan inti dan Evaluasi
E.   Pendahuluan, kegiatan inti, evaluasi

5.             Prinsip-prinsip Penyusunan RPP....
A.   Memperhatikan perbedaan individu peserta didik, Mendorong partisipasi aktif peserta didik, Mengembangkan budaya membaca dan menulis, Memberikan umpan balik dan tindak lanjut, Keterkaitan dan keterpaduan, Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi,
6.             Perumusan tujuan pembelajaran harus sesuai dengan …..
A.  Tingkat kecerdasan siswa yang menjadi subyek belajar
B.   Proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik
C.  Media pembelajaran yang harus disediakan
D.  Jenis bahan ajar yang harus disiapkan oleh pendidik
E.   Tingkat keberagaman pengetahuan awal siswa terhadap materi sebelumnya

7.             Penjelasan tujuan pembelajaran dan hubungannya dengan kejadian sehari-hari sering dilakukan pada saat ….
A.    melakukan penilaian
B.     melakukan tanya jawab
C.     membuka pelajaran
D.    mengulang materi yang belum dikuasai siswa
E.     memotivasi siswa

8.             Penyesuaian alokasi waktu kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara memperhatikan ….
A.     kedalaman dan keluasan materi
B.     jumlah murid
C.     tujuan pembelajaran
D.    metode yang digunakan
E.     media pembelajarannya

9.             Penggunaan waktu yang efektif adalah sesuai ….
A.     skenario pembelajaran dan proporsi uraian materi
B.     skenario pelajaran yang dipersiapkan
C.     variasi kegiatan pembelajaran
D.    kondisi kelas tempat saudara mengajar
E.     kemampuan peserta didik

10.         Penentuan strategi pembelajaran harus disesuaikan dengan ….
A.    materi pembelajaran
B.     karakteristik siswa
C.     jumlah siswa
D.    keinginan peserta didik
E.     kompetensi yang akan dicapai

11.         Pendekatan pengajaran yang berpusat pada siswa dipandang efektif dalam mengantarkan siswa untuk meningkatkan hal-hal berikut kecuali ….
A.    Keingintahuan
B.     daya juang
C.     kemandirian
D.    berperilaku disiplin
E.     keterampilan

12.         Pendekatan pengajaran merupakan orientasi tujuan yang ditetapkan oleh guru, dengan berpedoman pada apa yang diyakininya (nilai rujukan) dikaitkan dengan ….
A.    arti dan fungsi pendidikan
B.     arti dan fungsi kurikulum
C.     arti dan fungsi guru
D.    arti dan fungsi pengalaman pembelajaran yang dialami siswa
E.     arti dan fungsi siswa

13.         Pembelajaran yang berorientasi kepada guru atau proses pembelajaran didominasi guru sedangkan siswa pasif, strategi pembelajaran ini disebut ….
A.  Inquiri
B.  Induktif       
C.  Ekspositori
D.  Cooperative learning
E.   Brainstorming

14.         Seperti dapat dilihat dari keunikan siswa, maka dapat dipastikan pula bahwa gaya belajar anak berbeda-beda. Untuk menyesuaikan gaya belajar siswa yang berbeda-beda tersebut, maka sangatlah penting agar guru dapat memanfaatkan secara variatif ….
A.     metode pengajaran
B.     strategi pengajaran
C.     pendekatan pengajaran
D.    gaya pengajaran
E.     teori berkomunikasi





15.         Tujuan pemilihan metode yang sesuai adalah ….
A.    agar kompetensi dapat tercapai
B.     agar waktu yang digunakan dapat efektif
C.     memudahkan menentukan alat peraga
D.    memudahkan guru dalam mengajar
E.     memudahkan materi diserap oleh siswa

16.         Metode pembelajaran yang mengutamakan persepsi awal siswa dalam kaitannya dengan konteks belajar siswa biasanya disebut …
A.  Metode langsung
B.  Metode kontekstual
C.  Metode Kognitif      
D.  Metode ceramah
E.   Metode Behaviouristik

17.         Di bawah ini, yang bukan merupakan dasar dalam menentukan metode yang digunakan yaitu ....
A.    kompetensi yang akan dicapai
B.     isi pembelajaran
C.     waktu dan siswa
D.    jumlah ruang kelas
E.     fasilitas yang tersedia

18.         Jika guru menerapkan metode pembelajaran Induktif .…
A.     Murid dapat mengambil kesimpulan sendiri
B.     Murid dapat mengikuti contoh-contoh yang diberikan guru
C.     Murid dapat belajar dari teman-temanya dikelas
D.    Guru dapat memberikan tugas-tugas yg sulit kepada siswanya
E.      

19.         Dalam kegiatan pembelajaran, metode yang digunakan harus sesuai dengan ….
A.    materi pelajaran, kompetensi dan tujuan
B.     kompetensi, karakteristik
C.     tujuan pembelajaran, kompetensi
D.    karakteristik siswa, kompetensi dan materi
E.     semua jawaban benar

20.         Jika metode pembelajaran berikut ini dilakukan untuk materi yang sama, manakah yang menyita waktu paling banyak?
A.     Ceramah
B.     Demonstrasi
C.     Ekspositori
D.    Diskusi
E.     Drill





21.         Jika materi yang akan dipelajari siswa bukan sekedar informasi tetapi untuk dipahami sehingga penalaran siswa berkembang maka metode pembelajaran yang paling tepat adalah ….
A.    Ceramah
B.     Demonstrasi
C.     Drill
D.    Diskusi
E.     Permainan

22.         Pendekatan umum yang biasanya digunakan untuk mempelajari dan mengembangkan materi mata pelajaran yang dilakukan di laboratorium disebut dengan …
A.  metode belajar
B.   metode esperimen
C.  metode ilmiah
D.  metode demonstrasi
E.   metode kasus

23.         Model pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan induktif dan analisis konsep adalah ….
A.  Model analisis konsep
B.  Model berpikir induktif
C.  Model latihan inkuiri
D.  Model pertumbuhan afektif
E.   Model penemuan konsep

24.         Model bermain peran termasuk rumpun model pembelajaran ….
A.  Rumpun model-model pemrosesan informasi
B.  Rumpun model-model personal
C.  Rumpun model-model behavior (tingkah laku)
D.  Rumpun model-model interaksi social
E.   Rumpun model-model attitude (sikap)

25.         Model pembelajaran konstruktivisme dilaksanakan dengan 5 (lima) tahapan pendekatan yang dikenal dengan 5E, KECUALI…..
A.  Explore
B.   Excepte
C.  Explan
D.  Elaborate
E.   Evaluate

26.         Untuk menciptakan suasana yang menjadikan siswa siap mental dan sekaligus meinimbulkan perhatian siswa terpusat dengan hal-hal yang akan dipelajari, maka seorang guru harus ….
A.  Terampil memberikan tugas
B.  Terampil mengadakan penulisan
C.  Terampil memancing perhatian
D.  Terampil membuka pelajaran
E.   Terampil menutup pelajaran


27.         Penyampaian materi pembelajaran yang diawali dengan pengamatan, pada hakekatnya merupakan teknik yang berdasarkan ….
A.   Inquiri
B.  Evaluasi
C.  Discovery
D.  Analisis
E.   Aplikasi

28.        Materi yang diajarkan harus dianalisis dengan memperhatikan mata pelajaran lain agar ….
A.     tidak saling tumpang tindih
B.     tidak terjadi pengulangan
C.     siswa memahami kaitannya dengan pelajaran lain
D.    siswa mudah untuk menerima materi
E.     jangan sampai membosankan siswa dalam menerima pelajaran

29.         Materi yang dipilih dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan ….
A.    tingkat kecerdasan siswa
B.     tingkat kesulitan soal yang akan digunakan
C.     kompetensi yang menjadi acuan pembelajaran
D.    bahan ajar yang telah disediakan
E.     rencana mengajar guru

30.         Urutan pemberian materi pembelajaran harus disesuaikan dengan ….
A.    tingkat pemahaman siswa
B.     tujuan pembelajaran
C.     waktu yang tersedia
D.    pemahaman guru
E.     metode pembelajaran

31.         Media pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, Syarat penting bagi media pembelajaran yang baik adalah ….
A.  Menarik dan mudah digunakan oleh guru maupun murid
B.  Menarik, menantang, baru dan sesuai dengan perkembangan siswa
C.  Menarik, mudah digunakan dan sesuai dengan perkembangan siswa
D.  Menarik, menantang, mudah digunakan dan sesuai dengan perkembangan siswa
E.   Menarik, mudah digunakan oleh guru dan baru

32.         Media pembelajaran digunakan untuk …..
A.  Mendukung pencapaian kompetensi
B.  Memacu siswa untuk belajar
C.  Memudahkan guru untuk menyampaikan materi
D.  Memudahkan siswa menerima materi yang diajarkan
E.   Memacu guru melakukan penilaian

33.         Penentuan media pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan ….
A.     materi pembelajaran
B.     karakteristik siswa
C.     lingkungan sekolah
D.    tujuan pembelajaran
E.     kompetensi siswa

34.         Yang bukan merupakan fungsi media pembelajaran adalah ….
A.    untuk membantu proses pemahaman
B.     untuk memperjelas materi pembelajaran
C.     untuk membantu daya ingat siswa
D.    untuk meningkatkan minat siswa
E.     untuk menaikkan nilai siswa

35.         Pelaksanaan tutorial dalam proses pembelajaran bertujuan ….
A.    supaya guru lebih mudah mengawasi dan siswa merasa diawasi
B.     supaya siswa lebih berdisiplin dalam belajar
C.     supaya guru dapat membantu kesulitan belajar tiap siswa
D.    supaya siswa merasa lebih dekat dengan guru
E.     supaya siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran

36.         Tujuan pengelolaan kelas dalam pembelajaran adalah ….
A.    menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan
B.     menunjang keaktifan dan keoptimalan belajar peserta didik
C.     menyesuaikan dengan jumlah siswa tiap-tiap kelas
D.    menyesuaikan dengan kondisi ruangan yang ada
E.     menunjang efektifitas penggunaan metode dan media

37.         Tujuan pengelompokan dalam pengelolaan organisasi kelas adalah ….
A.     memudahkan guru untuk memberikan materi
B.     memudahkan dalam hal memberikan penilaian
C.     memudahkan guru memberikan soal
D.    memudahkan menentukan tempat duduk siswa
E.     memudahkan guru untuk memberikan pengayaan

38.         Berikut ini beberapa tahap/fase dalam pelaksanaan pembelajaran :
1.       Menyampaikan tujuan
2.      Menyajikan informasi
3.      Mendemonstrasikan pengetahuan/keterampilan
4.      Mengorganisasikan peserta dalam kelompok belajar
5.      Membimbing siswa 
6.      Evaluasi
7.      Memberi umpan balik
8.      Memberi penghargaan
Urutan yang benar tahapan/fase untuk pembelajaran kooperatif learning adalah …..
A.    1, 2, 3, 5, 6, 8
B.     1, 2, 3, 4, 6, 7
C.     1, 2, 4, 5, 6, 8
D.    1, 2, 4, 6, 7, 8
E.     1, 2, 3, 5, 6, 8

39.        Apersepsi yang baik adalah….
A.     disesuaikan dengan materi pelajaran
B.     disesuaikan dengan minat siswa
C.     mempertimbangkan kondisi beljar siswa
D.    memberikan pertanyaan
E.     langsung menyampaikan materi

40.        Kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk ....
A.   membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
B.   membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
C.   membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
D.   membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
E.    membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran

41.        Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi

42.        Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut

43.        Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kom petensi

44.        Manfaat umpan balik dalam pembelajaran adalah untuk ….
A.     memotivasi siswa
B.     evaluasi belajar
C.     merangsang siswa untuk bertanya
D.    melatih diskusi
E.     merencanakan materi yang akan diajar

45.        Interaksi yang baik pada kegiatan pembelajaran adalah ….
A.     Komunikatif
B.     dua arah antara guru dan murid
C.     mudah dipahami
D.    dua arah antara murid dan murid
E.     berkesinambungan dan menyeluruh

46.        Memotivasi anak untuk bertanya dapat dilakukan dnegan beberapa carakecuali ….
A.    menciptakan kemampuan bertanya dengan permainan (games)
B.     menugaskan/mewajibkan anak untuk bertanya
C.     tanya-jawab dengan temannya
D.    memberikan kesempatan berdiskusi dengan temannya
E.     diberikan materi yang sulit



47.        Apabila seorang siswa menanyakan tentang sesuatu hal, yang dilakukan oleh guru pertama kali adalah ….
A.    langsung memberikan jawaban secara jelas dan lengkap
B.     menanyakan kembali maksud pertanyaannya
C.     menanyakan kepada siswa mengapa menanyakan seperti itu
D.    memberikan jawaban sepotong-sepotong
E.     menanyakan jawabannya kepada siswa lain

48.        Kegiatan menghukum (Panishment) yang bersifat positif adalah ….
A.    melarang masuk kelas
B.     meminta berdiri di depan kelas
C.     meminta lari mengelilingi lapangan bola
D.    menjemur anak diterik matahari
E.     mencari bahan pelajaran di perpustakaan

49.        Seringkali guru tidak sadar bahwa waktu pembelajaran telah habis, bila terjadi demikian yang harus dilakukan guru adalah ….
A.    segera menutup pelajaran dan memberi salam
B.     minta maaf kepada siswa bahwa ternyata waktunya habis
C.     menyimpulkan pelajaran dan menutupnya
D.    tetap melanjutkan sampai guru lain dating
E.     meminta tambahan waktu kepada guru lain yang akan mengganti

PENILAIAN
1.            Penilaian mata pelajaran IPS adalah ………
A.     Proses untuk mendapatkan informasi tentang prestasi atau kinerja peserta didik dalam mata pelajaran IPS
B.     Proses untuk mendapatkan kejelasan pemahaman siswa di kelas IPS
C.     Proses untuk mendapatkan informasi mengenai kesungguhan siswa dalam belajar IPS
D.    Proses untuk mendapatkan kejelasan dan kesungguhan siswa dalam belajar IPS

2.            Dalam Sistem penilaian berkelanjutan, tindak lanjut hasil pengujian digunakan untuk…
A.    Remedial, pemetaan  dan percepatan
B.     Remedial, pengulangan dan percepatan
C.     Penambahan materi, pengayaan dan percepatan
D.    Remedial, pengayaan dan percepatan

3.            Berikut ini yang bukan merupakan bentuk penilaian dengan teknik “Non tes” adalah…
A.    Pengamatan (motivasi, minat, strategi belajar, kesulitan yang dihadapi, serta kegiatan dalam praktek lapangan)
B.     Hasil ujian soal semester genap dan semester ganjil
C.     Dokumentasi (melihat karya siswa baik individu maupun kelompok)

4.            Portofolio (kumpulan hasil karya, tugas, pekerjaan siswa) yang disusun berdasarkan urutan kategori kegiatan.Pada akhir pemberian materi sebaiknya guru harus ….
A.    Mengadakan evaluasi
B.     Memberikan penugasan
C.     Memberikan tes
D.    Mengadakan tanya jawab
E.     Menyimpulkan materi pembelajaran

5.             Penilaian dalam kegiatan belajar terhadap peserta didik adalah ….
A.    penentu kemampuan anak
B.     penentu kelulusan anak
C.     informasi tentang kebutuhan peserta didik
D.    wahana menilaian keberadaan sarana kelas
E.     keberhasilan pembelajaran

6.             Teknik penilaian ditentukan berdasarkan ….
A.    jenis soal
B.     banyaknya soal
C.     jawaban yang dibuat siswa
D.    kunci jawaban
E.     tingkat kemampuan siswa

7.             Sistem penilaian yang tepat digunakan proses pembelajaran berbasis kompetensi adalah ….
A.    penilaian acuan patokan
B.     penilaian acuan norma
C.     penilaian acuan kelas
D.    penilaian acuan kurikulum
E.     penilaian acuan bahan ajar

8.             Pemeriksaan hasil jawaban siswa mengacu pada ….
A.    kunci jawaban dan aspek yang dinilai
B.     kriteria yang dibuat
C.     analisa guru
D.    rapat guru
E.     penggolongan soal

9.             Tingkat kesukaran dalam penyusunan soal digunakan untuk ….
A.    Mengetahui prosentasi jumlah siswa yang menjawab benar
B.     mengetahui perbedaan tingkat kesukarannya
C.     menghasilkan jawaban berbeda-beda
D.    menghasilkan bentuk soal yang bervariasi
E.     menghasilkan soal yang valid

10.         Tingkat kesukaran butir soal (p) = 0,00 akan terjadi jika ….
A.  Semua siswa dapat menjawab benar
B.   Semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar
C.  Hanya sebagian siswa yang dapat menjawab dengan benar
D.  Butir soal hanya mengukur aspek ingatan
E.   Butir soal hanya mengukur aspek afektif

11.         Daya pembeda dalam penyusunan soal bertujuan untuk ….
A.     menggolongkan kemampuan siswa
B.     melihat perbedaan soal
C.     memberikan soal berbeda pada tiap kelompok
D.    memudahkan guru memilih soal
E.     membuat soal pilihan ganda



12.         Butir soal hanya memiliki daya beda (D) = 0 menjukkan bahwa butir soal tersebut ….
A.   Tidak dapat membedakan peserta yang pandai dan yang kurang pandai
B.  Tidak dapat membedakan peserta yang nyontek dan tidak nyontek
C.  Hanya dapat dijawab benar oleh siswa yang termasuk dalam kelompok atas
D.  Hanya dapat dijawab benar oleh siswa yang termasuk kelompok  bawah
E.   Dapat membedakan siswa yang nyontek dan tidak nyontek

13.        Analisis soal dilakukan berdasarkan ….
A.     hasil jawaban
B.     jawaban yang salah
C.     jawaban yang benar
D.    hasil penilaian
E.     jenis kesulitan

14.        Kesimpulan dari hasil penilaian harus dibuat dengan ….
A.    jelas dan logis
B.     urutan materi yang diajarkan
C.     sistematis
D.    sesuai dengan kompetensi yang diajarkan
E.     tujuan yang akan dicapai

15.        Program tindak lanjut yang dapat dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa secara umum adalah ….
A.    mengklasifikasikan tingkat kemampuan anak secara klasikal
B.     melihat kemampuan anak sesuai dengan indikator penilaian
C.     melakukan remedial bagi anak yang kurang
D.    menentukan kenaikan kelas
E.     mengadakan pelajaran tambahan

16.        Dalam  melaksanakan program tindak lanjut hasil penilaian, acuan yang digunakan adalah ….
A.     penguasaan kompetensi yang seharusnya dimiliki siswa
B.     indikator/kriteria unjuk kerja yang belum dikuasai
C.     soal yang belum terjawab
D.    keseluruhan soal tes
E.     bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran

17.        Tindak lanjut hasil penilaian yang secara nyata harus dilakukan dalam pembelajaran berbasis kompetensi adalah ….
A.    melanjutkan proses pembelajaran sesuai materi yang direncanakan
B.     melakukan perbaikan bahan ajar yang sebelumnya diberikan kepada siswa
C.     melakukan pembelajaran remedial terhadap materi yang belum dikuasai
D.    menanyakan kepada siswa tentang kesulitan belajar yang dihadapi
E.     menyempurnakan materi kurikulum yang telah diajarkan sebelumnya







18.        Langkah-langkah mempersiapkan bahan ulangan/ujian yang sahih dan handal adalah ….
A.    Menyusun kisi-kisinyanya, menulis soalnya, merakit soal menjadi tes, penyusun pendoman penskorannya, menentukan pokok bahasan yang diujikan.
B.     Menentukan pokok bahasan yang diujikan, Menyusun kisi-kisinyanya, menulis soalnya, merakit soal menjadi tes, penyusun pendoman penskorannya.
C.     Menyusun kisi-kisinyanya, menulis soalnya, merakit soal menjadi tes, Menentukan pokok bahasan yang diujikan, penyusun pendoman penskorannya.
D.    Menyusun pendoman penskorannya. Menyusun kisi-kisinyanya, menulis soalnya, merakit soal menjadi tes, Menentukan pokok bahasan yang diujikan.
E.      

19.  Kebutuhan fasilitas pembelajaran dan media dapat diketahui apabila kita melakukan kegiatan berikut ini ….
A.     Analisis kurikulum
B.     analisis tujuan
C.     analisis soal
D.    penulisan bahan ajar
E.     penulisan soal

20.  Penilaian dilakukan secara konsisten, sistematik, dan terprogram dengan menggunakan tes dan nontes dalam ben­tuk tertulis atau lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, portofolio, dan penilaian diri

21.  Evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk menentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, mencakup tahap perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran

22.  Evaluasi proses pembelajaran diselenggarakan dengan cara membandingkan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan standar proses, mengidentifikasi kinerja guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi guru

23.  Perbedaan mendasar antara action research dengan penelitian lain adalah ….
A.    materi yang diteliti
B.     instrumen yang digunakan
C.     pelaku utama yang melakukan penelitian
D.    daerah/tempat penelitian
E.     memberi perlakuan