LEMBAR
PENGESAHAN
NAMA
|
JABATAN
|
TGL
|
TANDA TANGAN
|
|
DIBUAT
OLEH
|
MASHUDI,
S.Pd
|
Ketua
KKG
|
17 Oktober 2011
|
|
DIVERIFIKASI
OLEH
|
MAHDI,
A.Ma
|
Ketua
GUGUS
|
20 Oktober 2011
|
|
DIVALIDASI
OLEH
|
H.M.
CHAIRIL ANWAR, S.IP
|
Kepala
UPTD Kec. Labuapi
|
25 Oktober 2011
|
KATA
PENGANTAR
Kelompok
Kerja Guru (KKG) Gugus IV Perampuan Kecamatan, Labuapi pada tahun anggaran 2011
akan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Kegiatan yang didanai
dari Dana Bantuan Langsung (DBL) Program Bermutu tahun 2011 Kegiatan ini akan
beralangsung dalam dua tahap. Tahap pertama adalah Kegiatan in-servis. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari
yakni hari Sabtu, 29 Oktober 2011. Kegiatan kedua adalah on-servis. Dalam kegiatan on-servis
terbagi dalam 16x pertemuan. Setiap pertemuan dilaksanakan setiap hari Sabtu
(jadual terlampir).
Sesuai
dengan rancangannya, kegiatan ini melibatkan peserta (guru-guru) yang berasal
dari 8 (delapan) SDN/MI, kedelapan sekolah tersebut adalah SDN 1 Perampuan, SDN
2 Perampuan, SDN 1 Karang Bongkot, SDN 2 Karang Bongkot, SDN 3 Karang Bongkot, SDN
1 Kuranji, SDN 3 Kuranji dan 1 (satu) Madrasal Al Ikhlasiyah Perampuan , yang
tergabung dalam wadah Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus IV Perampuan Labuapi.
Semua peserta adalah guru yang masih aktif mengajar baik yang sudah
berkualifikasi sarjana maupun yang masih dalam proses penyelesaian
kesarjanaannya ditambah guru yang masih D2 maupun SPG atau sedrajat. Dengan
demikian, diharapkan pelatihan ini akan menghasilkan sejumlah guru-guru yang
memiliki kompetesi, profesionalitas yang dipersyaratkan sebagai guru
professional.
Petujuk
teknis ini disusun sebagai pedoman bagi peserta, narasumber, dan panitia
penyelenggara diklat, agar dalam pelaksanaanya sesuai dengan rencana sekaligus
dapat memberikan penjelasan tentang program dan pelaksanaan, sehingga tujuan
diklat dapat tercapai dengan baik.
Akhirnya
kepada semua fihak yang terlibat dalam kegiatan ini baik sebagai panitia,
narasumber, peserta, pemandu disampaikan terima kasih yang tak terhingga. Semoga
dalam penyelenggaraan kegiatan ini kita semua memperoleh lindungan, bimbingan,
dan bantuan dari Allah SWT. Amien.
Perampuan, Oktober 2011
Ketua
KKG Gugus IV Perampuan,
Mashudi, S.Pd.
NIP. 19671212 199303 1 018
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR ……………………………………………………………………….
|
i
|
|
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………..
|
ii
|
|
BAB
I
|
PENDAHULUAN
……………………………………………………………..
|
1
|
A.
Latar Belakang ……………………………………………………………..
|
1
|
|
B.
Dasar Hukum……………………………………………………………….
|
2
|
|
C.
Tujuan Program…………………………………………………………….
|
2
|
|
D.
Hasil yang diharapkan………………………………………………………
|
3
|
|
E.
Sasaran……………………………………………………………………..
|
3
|
|
F.
Manfaat……………………………………………………………………..
|
4
|
|
G.
Sumber Dana……………………………………………………………….
|
4
|
|
BAB
II
|
RENCANA
PELAKSANAAN PROGRAM…………………………………..
|
5
|
A.
Personil Kegiatan……………………………………………………………
|
5
|
|
B.
Waktu dan Tempat…………………………………………………………..
|
5
|
|
C.
Strategi dan rencana Pelaksanaan Program…………………………………
|
5
|
|
D.
Jadual Kegiatan………………………………………...……………………
|
6
|
|
E.
Pendekatan dan Metode…………………………………………………….
|
8
|
|
F.
Sertifikat…………………………………………………………………….
|
8
|
|
G.
Sistem Evaluasi…………………………………………………………….
|
8
|
|
BAB
III
|
TATA
TERTIB…………………………………………………………………
|
9
|
A.
Peserta………………………………………………………………………
|
9
|
|
B.
Narasumber…………………………………………………………………
|
9
|
|
BAB
IV
|
PENUTUP………………………………………………………………………
|
10
|
LAMPIRAN : Daftar Peserta Pelatihan
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pemerintah dalam hal ini Kementrian
Pendidikan Nasional dari tahun ke tahun berupaya keras meningkatkan mutu guru.
Hal ini dimaksudkan agar guru mampu empat kompetensi dasar, yaitu kompetensi
paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi
social. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia No 14 tahun 2005
tentang guru dan dosen.
Di
antara keempat kompetensi guru tersebut yang langsung terkait dengan kebutuhan
guru untuk promosi kenaikan pangkat dan jabatan dari golongan III ke atas mulai
tahun 2012 adalah kompetensi professional, yaitu kemampuan melakukan melakukan
penelitian sederhana dalam rangka meningkatkan professional guru, khususnya
kualitas dalam pembelajaran.
Di Gugus IV Perampuan Labuapi
terdiri dari 8 sekolah, setip sekolah
mengirimkan 6 orang peserta diklat
periode yang kedua ini sehingga jumlah anggota diklat sebanyak 48 orang..
Kedelapan sekolah tersebut antara lain SDN 1 Perampuan, SDN 2 Perampuan, SDN 1
Karang Bongkot, SDN 2 Krang Bongkot, SDN 3 Karang Bongkot, SDN 1 Kuranji, SDN 3
Kuranji, dan MI Al-Ikhlasiyah.
Dalam upaya meningkatkan kualifikasi,
kompetensi, dan kinerja guru di KKG Gugus IV Perampuan Labuapi dibutuhkan suatu
program yang dapat meningkatkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja guru.
Pendanaan kegiatan KKG Gugus IV Perampuan Labuapi selama ini berasal dari dana
BOS. Dana tersebut minim sekali hanya cukup untuk melaksanakan kegiatan
penyusunan silabus, penyusunan RPP, PAKEM, tetapi belum menyentuh pada
peningkatan Kualifikasi, kompetensi, dan kinerja guru melalui kegiatan case
study, lesson study maupun penelitian tindakan kelas dan penulisan karya
ilmiah. Pada tahu 2010 KKG Gugus IV Perampuan mendapatkan suntikan dana
langsung dari DBL Bermutu Sehingga KKG Gugus IV Perampuan Labuapi mampu dengan
axsis mengadakan diklat bagi anggotanya.
Berdasarkan latar belakang di atas,
maka permasalahan yang dihadapi oleh KKG Gugus IV Perampuan Labuapi saat ini
dalam usaha meningkatkan kompetensi dan kinerjanya antara lain :
1. Masih
banyak guru yang memiliki kualitas yang masih rendah
2. Masih
banyak guru yang kurang terampil menulis
pengalaman pembelajaran di kelas dalam bentuk refleksi dan studi kasus yang
dikompilasi dalam bentuk portofolio.
3. Masih
banyak guru yang belum melakukan observasi secara terbuka dan sistimatis
terhadap kinerja pembelajarannya sendiri.
4. Guru
belum terbiasa berbagi pengalaman pembelajaran secara professional, dan
merencanakan tindakan perbaikan pembelajaran secara kolaboratif serta
melaksanakannya dengan cermat
5. Belum
maksimalnya guru dalam mengevaluasi hasil dan dampak proses pembelajaran
terhadap siswa.
6. Sebagian
besar guru mengalami kesulitan dalam menyusun karya tulis ilmiah dalam rangka
pengembangan profesinya.
B. Dasar
Hukum
1. Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tanggal 8 Juli 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional; Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tanggal 30 Desember 2005 tentang Guru
dan Dosen;
3. Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan;
4. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Standar Proses; Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi Guru;
6. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tanggal 4 Mei 2007 tentang
Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan;
7. Surat
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 128 Tahun 2007 tentang Penetapan
Kab./Kota sebagai Pelaksana Program Bermutu. (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher
Upgrading)
8. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 50 Tahun 2008 tanggal 4 September 2008
tentang Rincian Tugas Unit Kerja di Lingkungan Pusat dan Pemberdayaan Pendidik
dan Tenaga Kependidikan;
C.
Tujuan
Program
Program Belajar BERMUTU bertujuan :
1. Meningkatnya
jumlah guru yang memiliki kualifikasi ijazah SPG dan Diploma ke jenjang S1
2.
Meningkatkan
keterampilan guru dalam menulis pengalaman pembelajaran dalam bentuk refleksi
dan studi kasus yang dikompilasi dalam bentuk portofolio.
3.
Meningkatnya kemampuan
guru dalam melakukan observasi secara terbuka dan sistimatis terhadap kinerja
pembelajarannya sendiri.
4.
Meningkatkan kesadaran
guru untuk berbagi pengalaman
pembelajarannya secara professional, dan merencanakan tindakan perbaikan
pembelajaran secara kolaboratif serta melaksanakannya dengan cermat
5.
Memaksimalkan
kompetensi guru dalam mengevaluasi hasil dan dampak proses pembelajarannya
terhadap siswa.
6. Meningkatnya
kemampuan guru dalam menyusun karya tulis ilmiah dalam rangka pengembangan
profesinya.
D.
Hasil
yang Diharapkan
Melalui kegiatan pembelajaran
Bermutu di Gugus IV Perampuan diharapkan :
1. Terwujudnya
peningkatan jumlah guru yang memiliki kualifikasi ijazah SPG dan Diploma ke jenjang S1
2.
Terwujudnya peningkatan
keterampilan guru dalam menulis pengalaman pembelajarannya dalam bentuk
refleksi dan studi kasus yang dikompilasi dalam bentuk portofolio.
3.
Terwujudnya kemampuan
guru dalam melakukan observasi secara terbuka dan sistimatis terhadap kinerja
pembelajarannya sendiri.
4.
Terwujudnya kesadaran
guru untuk berbagi pengalaman
pembelajarannya secara professional, dan merencanakan tindakan perbaikan
pembelajaran secara kolaboratif serta melaksanakannya dengan cermat
5.
Terwujudnya kompetensi
guru dalam mengevaluasi hasil dan dampak proses pembelajarannya terhadap siswa.
6.
Terwujudnya peningkatan
kemampuan guru dalam menyusun karya tulis ilmiah dalam rangka pengembangan
profesinya.
E.
Sasaran
Program
Sasaran program ini adalah ,guru-guru sekolah
dasar yang tergabung dalam KKG Gugus IV Perampuan yang berjumlah 48 orang guru
pegawai negeri dan guru tidak tetap (honorer). Terdiri dari guru kelas,
terutama yang belum memenuhi kualikasi ijazah S1 dan sudah memiliki pangkat
VI/a, yang meliputi Sekolah Dasar Negeri 1 Perampuan, Sekolah Dasar Negeri 2
Perampuan, Sekolah Dasar Negeri 1 Karang Bongkot, Sekolah Dasar Negeri 2 Karang
Bongkot, Sekolah Dasar Negeri 3 Karang Bongkot, Sekolah Dasar Negeri 1 Kuranji,
Sekolah Dasar Neger 3 Kuranji, dan MI Al Ikhlasiyah Perampuan.
F.
Manfaat
Manfaat
yang diharapkan dari program Belajar BERMUTU adalah :
a. Terbantunya
guru yang masih memiliki kualifikasi ijazah SPG dan Diploma untuk mempercepat peningkatan kualifikasi
pendidikan ke jenjang S1
b. Adanya
peningkatan keterampilan guru dalam menulis pengalaman pembelajarannya dalam
bentuk refleksi dan studi kasus yang dikompilasi dalam bentuk portofolio.
c.
Adanya peningkatan
kemampuan guru dalam melakukan observasi secara terbuka dan sistimatis terhadap
kinerja pembelajarannya sendiri.
d. Adanya
peningkatan kesadaran guru untuk berbagi
pengalaman pembelajarannya secara professional, dan merencanakan tindakan
perbaikan pembelajaran secara kolaboratif serta melaksanakannya dengan cermat
e. Adanya
peningkatan kompetensi guru dalam mengevaluasi hasil dan dampak proses
pembelajarannya terhadap siswa.
f. Adanya
peningkatan kemampuan guru yang sudah memiliki golongan IV/a dalam menyusun
karya tulis ilmiah dalam rangka pengembangan profesinya sebagai syarat untuk
naik pangkat ke IV/b
G.
Sumber
Dana
Biaya
Penyelenggaraan in-servis BERMUTU
bagi guru KKG Gugus IV Perampuan sebagian besar dari Dana Bantuan Langsung
(DBL) Program Bermutu dari Pemerintah Pusat dibantu dari masing-masing sekolah
yang tergabung dalam Gugus IV Perampuan.
BAB
II
RENCANA
PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Personil
Kegiatan
Personil
Kegiatan Pelatihan Guru KKG se Gugus IV Perampuan Program BERMUTU Kecamatan
Labuapi Kabupaten Lombok Barat tahun2011 adalah sebagai berikut :
a.
Pengarah dan Penanggung
Jawab.
Ketua Gugus IV
Perampuan Labuapi adalah pengarah kegiatan KKG. Sedangkan Ketua KKG sebagai
Penanggung jawab kegiatan.
b.
Panitia
Dalam kegiatan
ini kepanitiaan terdiri dari ketua dan 2 orang anggota (sekretaris dan
bendahara)
c.
Narasumber
Narasumber dalam
kegiatan ini berasal dari :
1.
LPTK dalam hal ini FKIP
Universitas Mataram
2.
Widyaiswara LPMP NTB
3.
PCT, DCT, Kabupaten
Lombok Barat
B. Waktu dan Tempat.
Kegiatan
ini berlangsung mulai kegiatan in-servis
selama 1 hari sebagai awal, dan kegiatan rutin
sebanyak 16 x pertemuan dengan. Kegiatan in-servis dalam rangkaian
kegiatan BERMUTU bagi KKG Gugus IV Perampuan Labuapi akan berlangsung tanggal 29 Oktober 2011 di
SDN 1 Karang Bongkot, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara
Barat. Jadual dan pelaksanaan in-servis
telah direncanakan oleh panitia.
Kegiatan
pertemuan rutin yang 16x diadakan di SDN 1 Karang Bongkot sebagai pusat
kegiatan KKG. Jadual dan pelaksanaanya, telah direncanakan pula oleh panitia.
C.
Strategi
dan Metode Rencana Pelaksanaan Program
Strategi
pelaksanaan program Pemberdayaan Kelompok Kerja Guru/musyawarah guru melalui
Program BERMUTU akan dilaksanakan di KKG Gugus IV Perampuan Labuapi sebanyak 1
X In-servis
dan 16 kali pertemuan ( on-servis) dari
bulan Oktober 2010 sampai dengan bulan Pebruari 2011, dengan Langkah Model Belajar BERMUTU
sebagai berikut:
1.
Kajian pangajaran
2.
Identifikasi masalah
dan perencanaan tindakan
3.
Pelaksanaan tindakan
dan Observasi
4.
Pengumpulan dan
analisis data
5.
Refleksi dan tindak
lanjut
6.
Pelaporan
Metode
yang digunakan adalah :
1.
Study kasus
2.
Workshop
3.
Diskusi
D. Jadual Kegiatan
Gugus IV
Perampuan Labuapi Tahun 2011
No
|
Pertemuan
|
Materi dan Kegiatan
|
|
1
|
Kegiatan
Awal
|
Rapat koordinasi Pengurus KKG
Penyusunan Proposal KKG
Pengajuan Proposal KKG
Penandatanganan MOU
|
|
2
|
Kegiatan
In-Service
29/10/2011
|
Kebijakan program kab. Lombok Barat
Penilaian Kinerja Guru
Pemetaan Profil
Penilaian dan Evaluasi
Model-model pembelajaran, metode, dan media
pembelajaran
|
|
Kegiatan
On Service/Pertemuan Rutin
|
|||
3
|
Rutin
I
5/11/2011
|
Program Bermutu
Tugas Mandiri :
Membaca/mempelajari modul suplemen BBM
|
|
4
|
Rutin
II
12/11/2011
|
Penembangan Silabus, RPP, Bahan Ajar, dan Bahan
Penilaian
Tugas Mandiri :
Membaca/mempelajari modul suplemen BBM
|
|
5
|
Rutin
III
19/11/2011
|
Model-model Pembelajaran dan Metode Pembelajaran
Penilaian
|
|
6
|
Rutin
IV
26/11/2011
|
Terstruktur :
Kajian kritis
Tugas Mandiri : Membaca/mempelajari modul suplemen
BBM
|
|
7
|
Rutin
V
3/12/2011
|
Kinerja
Guru (PKG)
Tugas Mandiri : Membaca/mempelajari modul suplemen
BBM
|
|
8
|
Rutin
VI
10/12/2011
|
Penilaian Kinerja Guru (PKG)
Tugas Mandiri : Membaca/mempelajari modul suplemen
BBM
|
|
9
|
Rutin
VII
17/12/2011
|
ICT (Microsoft word dan ex-cel)
Tugas Mandiri :
Membaca/mempelajari modul suplemen BBM
|
|
10
|
Rutin
VIII
14/01/2012
|
ICT (materi
on-line)
|
|
11
|
Rutin
IX
21/01/2012
|
PTK Bidang Study
Analisis Soal
Tugas Mandiri :
Membaca/mempelajari modul suplemen BBM
|
|
12
|
Rutin
X
28/01/2012
|
PTK Bidang Study
Identifikasi Masalah
Tugas Mandiri : Membaca/mempelajari modul suplemen
BBM
|
|
13
|
Rutin
XI
11/02/2012
|
PTK Bidang Study
Perencanaan Tindakan dan penetapan instrumen
Tugas Mandiri : Membaca/mempelajari modul suplemen
BBM
|
|
14
|
Rutin
XII
18/02/2012
|
PTK Bidang Study
Proposal PTK
Tugas Mandiri : Membaca/mempelajari modul suplemen
BBM
|
|
15
|
Rutin
XIII
25/02/2012
|
PTK Bidang Study
Analisis dan Interpretasi data
Tugas Mandiri : Membaca/mempelajari modul suplemen
BBM
|
|
16
|
Rutin
XIV
3/03/2012
|
PTK Bidang Study
Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut
Tugas Mandiri :
Membaca/mempelajari modul suplemen BBM
|
|
17
|
Rutin
XV
10/03/2012
|
Penyusunan laporan PTK
Penyusunan draf laporan PTK
|
|
18
|
Rutin
XVI
17/03/2012
|
Finalisasi laporan PTK peserta KKG
Penyusunan Laporan Akhir PTK
|
|
19
|
Kegiatan
Akhir
|
Pengumpulan bahan laporan
Menyusun Laporan Kegiatan
Pengiriman Laporan
|
|
NARASUMBER
NO
|
NAMA/NIP
|
JABATAN
KEDINASAN
|
JABATAN
DALAM KEGIATAN
|
1
|
Drs.Arifin,
M.Pd
NIP.131
283 112
|
Koordinator widyaiswara
LPMP NTB
|
Narasumber
|
2
|
Drs.
Suyanto
NIP.
130 683 550
|
Widyaiswara LPMP NTB
|
Narasumber
|
3
|
Sutikno,
S.Pd. M.M
NIP.130
901 532
|
Widyaiswara LPMP NTB
|
Narasumber
|
4
|
Burhanuddin,
M.Hum
NIP.197706192005011001
|
Widyaiswara LPMP NTB
|
Narasumber
|
5
|
Dr.
Suparno, M.Pd
NIP.130
784 027
|
Widyaiswara LPMP NTB
|
Narasumber
|
6
|
Drs.
Sabidin
NIP.
|
Pimro BERMUTU
|
Narasumber
|
7
|
Drs.
H. Abdul Rasyid
NIP.
|
DCT Kab.Lobar
|
Narasumber
|
8
|
H.M.
Darwilan R, S.Pd
NIP.
|
DCT Kab. Lobar
|
Narasumber
|
9
|
Drs.
Agus Sukrisnayasa
NIP.
|
DCT Kab.Lobar
|
Narasumber
|
10
|
H.
Taufik, S.Pd
NIP.
|
DCT Kab. Lobar
|
Narasumber
|
E .
Pendekatan
dan Metode
Pendekatan yang digunakan dalam diklat
adalah dengan focus pendekatan tugas. Sedangkan metode yang digunakan adalah
metode ceramah bervareasi, curah pendapat, Tanya jawab, diskusi, penugasan
perseorangan maupun kelompok, simulasi, dan presentasi.
F.
Sertifikat
Bagi peserta yang
memenuhi kualifikasi persyaratan kelulusan akan diberikan Surat Tanda Tamat
Pendidikan dan Pelatihan (STTPP), dan bagi yang tidak lulus hanya diberikan Surat Keterangan bahwa telah
mengikuti kegiatan.
G.
Sistem
Evaluasi
Untuk
mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang keberhasilan peserta setelah
mengikuti proses pembelajaran, maka perlu dilakukan evaluasi diklat yang
meliputi aspek berikut ini :
1.
Tugas individu/kelompok 30%
2.
Kehadiran dan keaktifan 30%
3.
Presentasi tugas 40%
BAB III
TATA TERTIB
Agar kegiatan
ini berlangsung dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan maka semua
unsure yang terkait dalam kegiatan ini agar menaati peraturan sebagai berikut :
A. Peserta
1. Setelah
tiba di tempat kegiatan, peserta diharapkan segera menghubungi panitia KKG
untuk:
a.
Mengisi daftar hadir
yang telah disediakan panitia penyelenggara
b.
Menerima peralatan dan
bahan ajar untuk pelaksanaan kegiatan
c.
Mengisi kelengkapan
biodata peserta dan menyerahkan kepada panitia KKG
2. Selama
kegiatan berlangsung peserta harus dapat menjalin kerja sama dan berinterksi
dengan peserta lain serta dapat memanfaatkan waktu secara seefisien mungkin
untuk belajar agar lebih bersemangat dalam memantapkan profesionalisme.
3. Untuk
kemudahan dan kelancaran pelaksanaan kegiatan, setiap peserta diharapkan :
a.
Peserta diwajibkan
hadir 10 menit sebelum acara dimulai;
b.
Tidak memakai sandal
selama pelatihan
c.
Tidak merokok pada saat
kegiatan berlangsung
d.
Wajib berperan aktif
mengikuti kegiatan dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan narasumber.
e.
Setiap peserta wajib
mengikuti seluruh kegiatan
f.
Peserta hendaknya
selalu berpakaian rapid an sopan
g.
Gotong royong dan
tenggang rasa hendaknya selalu menjadi azas untuk memelihara suasana
kekeluargaan selama mengikuti kegiatan
h.
Peserta wajib mematuhi
peraturan atau jadual yang telah ditentukan oleh penyelenggara.
B.
Narasumber
1.
Memegang teguh disiplin
narasumber
2.
Saling menghormati
antar narasumber
3.
Menyiapkan makalah
(bahan ajar), Media pembelajaran, alat evaluasi dan bahan diskusi atau simulasi
4.
Membimbing peserta yang
mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas
5.
Melaksanakan kegiatan
akademik sesuai jadwal kegiatan
6.
Menyerahkan hasil
penilaian kemajuan peserta kepada panitia
BAB IV
PENUTUP
Kepada
seluruh peserta, narasumber , dan pengurus KKG Gugus IV Perampuan diminta untuk
membantu sepenuhnya dalam pelaksanaan kegiatan ini agar terlaksana sesui dengan
tujuan dan diharapkan menaati tata tertib sesuai dengan aturan yang berlaku .
Demi
kelancaran kegiatan ini, kami mengharap saran, baik dari narasumber maupun dari
peserta. Hal-hal yang belum dicantumkan dalam tata tertib ini akan diatur
kemudian oleh panitia penyelenggara melalui surat edaran atau pengumuman.